Belanja Oleh-Oleh di Pasar Beringharjo Yogyakarta

loading...

Belanja Oleh-Oleh di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Wisata Yogyakarta – Pasar Beringharjo adalah pasar paling tua dengan nilai filosofis dan historis yang berhubungan erat dengan Keraton Yogyakarta. Pasar ini bisa dijadikan tujuan Anda saat berada di Yogyakarta. Banyak hal yang bisa Anda temui di pasar ini selain untuk berbelanja, Anda juga bisa belajar sejarah dengan menelusuri wisata budayanya.

Sejarah Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pada awalnya, pasar ini adalah area yang dipenuhi pohon beringin. Tak lama setelah Keraton Yogyakarta berdiri di tahun 1758, kemudian dibangunlah pasar yang digunakan sebagai tempat transaksi ekonomi masyarakat sekitar. Pada 24 Maret 1925, keraton menugaskan Perusahaan Beton Hindia Belanda untuk membangun pasar. Pada akhir Agustus 1925, ada 11 kios yang dibangun dan disusul dengan kios lainnya secara bertahap. Nama Beringharjo diberikan setelah Sri Sultan Hamengku Buwono VII bertahta pada 24 Maret 1925. Nama ini berarti wilayah yang awalnya hutan beringin (bering) kemudian diharapkan bisa memberikan kesejahteraan (harjo). Pasar ini memiliki nilai filosofis dan historis dengan Keraton Yogyakarta karena pasar ini telah melalui tiga fase yakni kerajaan, penjajahan, hingga kemerdekaan. Inilah sejarah Pasar Beringharjo yang patut Anda ketahui untuk menambah pengetahuan.

Pasar Beringharjo Yogyakarta

Lokasi Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasar ini berlokasi di jalan Pabringan No 1, selatanya Malioboro, Yogyakarta. Berbagai akses bisa Anda gunakan karena lokasinya yang sangat strategis.

Akses Menuju Pasar Beringharjo Yogyakarta

Bagi Anda yang menggunakan transpotasi kereta api maka turunlah di stasiun Tugu kemudian menuju Beringharjo dengan melintasi jalan Malioboro. Cukup dengan berjalan kaki, Anda bisa sampai dengan mudah karena letaknya yang tidak terlalu jauh. Tapi, jika Anda menggunakan tranportasi bus di terminal Giwangan maka Anda bisa menggunakan trans Jogja atau bus kota dengan trayek jalan Malioboro. Begitu juga jika Anda dari Bandara. Agar lebih mudah sampai, Anda bisa menggunakan taksi.

Pasar Beringharjo Buka Jam Berapa ?

Pasar Beringharjo mulai buka pada pukul 05.00 dan tutup pukul 17.00 WIB. Tapi, meskipun secara resmi pasar ini sudah tutup tidak lantas membuat denyut pasar berhenti karena pada pukul 18.00 hingga tengah malam banyak para penjual gudeg di depan pasar dan makanan lainnya degan musik tradisional Jawa untuk menghibur para pengunjung.

Barang Yang Dijual Di Pasar Beringharjo

Rempah-rempah
Pada bagian timur Pasar Beringharjo lantai 2 adalah pusat penjualan rempah-rempah dan bahan dasar jamu Jawa lainnya. Bahan jamu yang bisa Anda temukan adalah kunyit asam, temulawak ataupun jamu yang memiliki rasa pahit. Sedangkan, rempah-rempah yang ditawarkan adalah jahe dan bahan minuman ronde.

Koleksi batik Pasar Beringharjo
Yogyakarta terkenal akan koleksi batiknya. Berbagai jenis batik baik dari kain ataupun katun dan sutra bisa Anda temui. Pasar Beringharjo batik terkenal dengan berbagai model dan kualitas pakaian atau kain batik sehingga Anda bisa memilih model yang Anda sukai. Koleksi ini bisa Anda temui di pasar bagian barat sebelah utara, sedangkan koleksi batik lainnya bisa dijumpai di semua pasar bagian Barat. Selain itu, disediakan pula blankon, baju surjan,batik, dan sarung tenun yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh.

Jajan Pasar
Pasar ini menyediakan berbagai macam kuliner khusunya untuk makanan tradisional. Beberapa jajanan pasar yang bisa Anda temui adalah Kue Kipo, Pecel Urap, Mendut, Mega Mendhung, Legomoro, dan kuliner lainnya.

Barang Antik Pasar Beringharjo
Pasar ini juga menjadi tempat untuk berburu barang antik. Anda bisa menemukannya di lantai 3 di bagian Timur pasar. Banyak wisatawan yang mencari barang antik seperti mesin ketik tua, kamera tua, radio dan barang antik lainnya. Bahkan, tidak hanya barang lokal yang djual disini tapi juga barang impor.

Baca :
Wisata Jalan-Jalan ke Malioboro Yogyakarta
Tempat Wisata di Sekitar Jalan Malioboro Yogyakarta

Pasar Beringharjo adalah tempat yang cocok untuk membeli oleh-oleh dengan ciri khas Yogyakarta, jadi jika Anda singgah sementara untuk berlibur, jangan lupa untuk mampir sejenak di pasar tersebut.

Save

Artikel ini berhubungan dengan :

pasar malioboro jogja,pasar malioboro yogyakarta
loading...