Keraton Yogyakarta Hadiningrat Wisata Sejarah dan Budaya Di Yogyakarta

loading...

Keraton Yogyakarta Hadiningrat Wisata Sejarah dan Budaya Di Yogyakarta, Wisata Yogyakarta – Keraton Yogyakarta ini merupakan istana resmi Kesultanan Yogyakarta yang berada di pusat kota. Meskipun secara resmi kesultanan telah bergabung dalam NKRI di tahun 1950 tapi tempat ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan tradisi kesultanan juga masih dilakukan di tempat tersebut. Kini, banyak orang yang megunjungi keraton sebagai tempat wisata.

Sejarah Keraton Yogyakarta Hadiningrat

Sejarah Keraton Yogyakarta menceritakan bahwa bangunan ini didirikan Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755. Menurut cerita, lokasi dari keraton adalah bekas sebuah pesanggrahan yang digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja Mataram menuju Imogiri, tempat ini bernama Garjitawati.

Keraton Yogyakarta

Jalan Menuju Keraton Yogyakarta Hadiningrat

Wisata Keraton Yogyakarta ini berada tepat di sebelah Selatan Alun-alun Utara dan berjarak sekitar 50 meter dengan jalan Malioboro (dulu) atau jalan Margo Mulyo (sekarang). Jika Anda menggunakan transportasi kereta api, maka berhentilah di stasiun Tugu dan berjalan lurus menuju selatan melalui perempatan jalan Malioboro hingga bertemu dengan pangan.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta dan Jam Buka

Sebelum Anda masuk, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu, untuk wisatawan lokal cukup Rp 7.000 dan untuk wisatawan manca negara atau asing Rp 12.500. Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari pukul 08.00 – 14.00 WIB dan khusus pada hari Jumat, wisata ini buka pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Keraton Yogyakarta Hadiningrat

Wisata bersejarah
Keraton merupakan bangunan yang menyimpan banyak sejarah. Hal itu bisa Anda lihat dari berbagai koleksinya, seperti lukisan, gamelan, tombak, keris dan benda-benda pusaka lainnya. Disini Anda tidak hanya berwisata saja tapi juga bisa belajar sejarah.

Berfoto
Banyak koleksi antik dan bersejarah sehingga sangat bagus jika Anda mengabadikan momen dengan berfoto bersama teman atau keluarga. Tapi, Anda harus membayar uang tambahan Rp 1.000 untuk bisa berfoto sepuasnya. Harga yang begitu murah untuk mendapatkan pemandangan foto yang indah.

Menyaksikan pagelaran seni
Keraton Jogja selalu mengadakan pagelaran pentas seni setiap harinya. Inilah jadwal pagelaran seni: Senin dan Selasa untuk musik gamelan (mulai pukul 10.00 WIB), Rabu untuk wayang golek menak (mulai pukul 10.00 WIB), Kamis untuk pertunjukan tari (mulai pukul 10.00 WIB), Jumat untuk macapat (mulai pukul 09.00WIB), Sabtu untuk wayang kulit (mulai pukul 09.30 WIB), dan Minggu untuk wayang orang dan tari (mulai pukul 09.30 WIB).

Fasilitas Umum Keraton Yogyakarta Hadiningrat

Tempat parkir
Terdapat beberapa titik parkir kendaraan sehingga mudah ditemukan seperti area parkir Masjid Agung atau sebelah timur Alun-alun Utara. Tempat keraton yang dekat dengan Malioboro memberikan akses parkir yang lebih mudah.

Tempat ibadah
Bagi umat Muslim yang ingin melaksanakan shalat, Anda bisa pergi ke Masjid Gedhe Kauman yang berada di sebelah barat Alun-alun Keraton. Arsiteknya sangat kental nuansa klasik sehingga bisa digunakan sebagai tempat berfoto juga.

Penginapan
Karena merupakan pusat wisata, Anda bisa menjumpai banyak penginapan sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin bermalam di Yogyakarta.

Tempat makan
Pada umumnya, di tempat wisata pasti ada tempat makan yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak dan mengisi perut. Banyak pedagang kaki lima yang membuka lapaknya di sepanjang Malioboro.

Toko Cinderamata dan Oleh-oleh
Seperti tempat wisata lainnya, di keraton Anda juga bisa menemui berbagai toko oleh-oleh, baik makanan ataupun barang. Carilah oleh-oleh sesuai kesukaan Anda karena banyak pilihan di sini.

Baca :
12 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Menarik
Wisata Kuliner di Jalan Malioboro Yogyakarta Dan Sekitarnya

Demikian penjelasan mengenai Keraton Yogyakarta sebagai salah satu tempat wisata di kota gudeg ini dengan nilai-nila sejarah serta arsitek yang sangat indah. Tidak boleh kelewatan untuk dikunjungi ketika sedang berwisata di Jogja.

Artikel ini berhubungan dengan :

wisata-yogyakarta com,tempat wisata budaya di yogyakarta
loading...