Lambang Bintang David dan Tanduk Unicorn di Tugu Yogyakarta

loading...

Menilik asal usul Tugu Yogyakarta tidak bisa lepas dari keikutsertaan pihak Belanda dalam zaman penjajahan. Karena campur tangan Belanda itulah Tugu Yogyakarta mempunyai ‘aroma’ zionis. Ada dua buah simbol Zionis Israel yang melekat pada Tugu Yogyakarta diantaranya adalah simbol Bintang David di badan Tugu dan Tanduk Unicorn di ujung tugu.

Tugu Jogja

Sebelum Tugu Yogyakarta berdiri dengan bentuk yang ada seperti sekarang, ternyata dahulu Tugu Yogyakarta tidak berbentuk seperti sedemikian rupa seperti saat ini. Tugu Yogyakarta saat pertama kali dibangun itu berbentuk golong gilig. Yaitu tugu yang berbentuk silinder yang mengecil keatas dan diatasnya ada sebuah bulatan seperti bola. Tugu tersebut berdiri sekitar 25 meter dibangun pada tahun 1756. Akan tetapi terjadi gempa maha dahsyat yang mengguncang kota Yogya pada  tanggal 10 Juni 1867 yang menghancurkan Tugu Golong Gilig. Dan pada tahun 1889 pihak belanda membuat rancangan Tugu Yogya yang baru untuk menggantikan tugu yang telah hancur. Rancangan tersebut diamini oleh Sri Sultan kala itu. Dibangunlah Tugu Yogyakarta yang seperti sekarang.

gambar renovasi tugu jogja

Tugu yang lalu yaitu Golong Gilig menggambarkan simbol Tauhid atau keyakinan Agama Islam. Tapi Tugu yang sekarang mempunyai simbol Zionis Bintang David dan tanduk Unicorn. Bintang David adalah lambang di bendera negara Israel yang mewakili orang-orang Yahudi, sedangkan Tanduk Unicorn adalah tanduk Kuda, yang mana kuda ini bukanlah kuda biasa. menurut legenda dinegara barat Unicorn adalah kuda putih yang mempunyai tanduk berbentuk spiral yang meruncing di bagian ujungnya. Darah Unicorn merupakan obat yang mujarab dan mampu membuat hidup abadi. Kini Tanduk Unicorn ada pada bagian atas tugu Yogyakarta.

Bintang David di Tugu Jogja

Tanduk Unicorn di Puncak Tugu Jogja Sekarang

Kenapa lambang Zionis bisa sampai ke Tugu Yogyakarta? Dalam sebuah kajian di kota Yogya, ada seorang narasumber yang menjelaskan pada zaman pertengahan orang-orang Yahudi yang berada di Eropa mendirikan organisasi besar di Eropa, tepatnya di Belanda. Padahal Belanda sedang menjajah Indonesia, pada masa itulah aliran Zionisme masuk hingga terukir di tugu Yogyakarta.

Terlepas Tugu Yogyakarta merupakan Landmark Kota Yogyakarta dan juga peninggalan sejarah, jika anda ingin membuktikan silakan datang ke tugu Yogyakarta.

Save

Save

Baca : 12 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Harus Kamu Kunjungi

Artikel ini berhubungan dengan :

tugu jogja yahudi,makna lambang tugu kuda putih,jelaskan simbol dari tugu yogyakarta,simbol bintang di tugu jogja,makna simbol tugu jogja,Makna dan simbol tugu jogja,makna dan simbol dari tugu yogyakarta,bintang david,bintang daud tugu jogja,arti simbol tugu yogyakarta
loading...