misteri gunung merapi

Mbah Petruk : Misteri Gunung Merapi

Gunung Merapi di perbatasan propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah memang menyimpan banyak misteri. Diantara ledakan gunung penyebab bencana alam ini kita akan mencoba menguak misteri gunung merapi yang tersimpan didalam gunung merapi tersebut.

Di tengah kecemasan masyarakat sekitar Merapi dengan adanya wedhus gembel di Gunung Merapi, para pengungsi dan warga jogja dikejutkan dengan beredarnya sebuah foto awan di puncak Gunung merapi yang diambil seorang warga. Dan anehnya awan tersebut membentuk wajah Mbah petruk yang merupakan salah satu tokoh pewayangan yang berhidung mancung. Misteri Gunung Merapi Mbah Petruk ini tak lepas dari mitos masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Merapi. Mereka meyakini gunung yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta itu dikuasai oleh sosok gaib, yaitu Mbah Petruk.

misteri gunung merapi

Para warga berpendapat mbah petruk sedang marah kepada rakyat, dan melampiaskan kemarahannya lewat bencana alam gunung meletus serta menampakkan diri dari asap yang membumbung tinggi berasal dari gunung Merapi.

Anehnya, dalam menyikapi hal itu penduduk mengadakan sebuah upacara untuk meredam amarah mbah petruk dengan cara mengorbankan seekor sapi kemudian diusung ke lereng gunung Merapi. setelah diusung ke lereng gunung, kepala sapi, dan kaki sapi dipotong dan ditanam di tanah lereng gunung merapi sedangkan dagingnya dibagi-bagikan ke orang-orang.

Aneh memang, tapi ini terjadi. Ini cara mensikapi yang salah, dari segi agama pun dilarang syirik. Pun dari segi Norma Kesopanan pun salah, Kalau saya yang menjadi Mbah Petruk tentu saya akan marah-marah dan berteriak “Wahai manusia, kalian tidak sopan! kaki dan kepala sapi yang tidak dimakan kalian berikan ke aku, sedangkan dagingnya kalian makan sendiri! dasarrr!”

Kata Kunci :

cerita rakyat yang berkaitan dengan bencana alam, cerita rakyat tentang bencana alam, cerita rakyat atau dongeng yang berkaitan dengan bencana alam, dongeng yang berkaitan dengan bencana alam, cerita rakyat bencana alam, cerita rakyat yang berhubungan dengan bencana alam, cerita rakyat ataupun dongeng yang berkaitan dengan bencana alam, cerita rakyat pendek yang berkaitan dengan bencana alam, cerita rakyat singkat tentang bencana alam, dongeng tentang bencana alam,
3 Comments
  1. 2 tahun ago
    Faizah Putri Ruhanda

    terlalu singkat..

    Balas
  2. 2 tahun ago
    Tania Cintha Damay

    kurang panjang ini critanya,,
    🙁

    Balas
  3. 12 bulan ago
    Mita Ajha Dech

    gk seru kalo ceritanya singkat

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *