Mengenal Seni Lukis Lewat Wisata Museum Affandi di Jogja

loading...

Mengenal Seni Lukis Lewat Wisata Museum Affandi di Jogja, Wisata Yogyakarta – Museum Affandi adalah sebuah museum dengan bangunan yang cukup unik milik seorang pelukis bernama Affandi yang sangat terkenal karena kegigihannya, sehingga mampu mengembangkan dan mengangkat derajat seni lukis Indonesia. Museum yang diberi nama sesuai dengan nama pemiliknya tersebut berdiri atau diresmikan pada tahun 1974. Didalam musem tersebut berisi karya-karya lukis sang maestro bernama Affandi dimana semua lukisannya sangat bagus dan menarik yang kini terpajang sekitar 300 lukisan. Ketika anda memasuki museum unik tersebut, anda akan disuguhkan dengan tiga buah galeri. Pada kompleks seluas 3.500 m2 tersebut disediakan satu tempat pembelian tiket, dua studio dan bangunan rumah tempat tinggalnya affandi beserta keluarganya yang saat ini difungsikan sebagai kafe.

Galeri Karya karya Affandi

Pada galeri pertama museum affandi anda akan di sambut oleh bapak-bapak yang sangat ramah yang akan memandu anda untuk mengenal seni lukis di museum affandi karya affandi. Di dalam galeri tersebut, anda dapat menyaksikan semua lukisan tangan dari awal hingga tahun terakhir beliau melukis semasa hidupnya. Keseluruhan lukisan pada galeri pertama menceritakan sejarah kehidupannya bersama keluarganya. Lukisan yang dibuatnya tersebut berupa sketsa diatas kertas, lukisan cat, pastel, serta minyak diatas kanvas. Selain itu, terdapat sebuah mobil tua yang berwarna kuning Col Gallant tahun 1976 dan 2 buah sepeda ontel pada ujung galeri pertama. Pada sisi tengah galeri anda akan menemukan penghargaan yang pernah diraih oleh Affandi dan terpampang di sebuah almari kaca miliknya. Diantara penghargaan tersebut adalah Doctor Honoris Causa dari National University Of Singapura tahun 1977 dan Bintang Maha Jasa Utama dari Pemerintah Indonesia tahun 1978. Meskipun beliau adalah seorang pelukis terkenal, namun beliau selalu hidup dalam kesederhanaan.
Setelah selesai mengenal seni lukis karya affandi di galeri pertama, maka saatnya menuju ke galeri kedua yang menyuguhkan beberapa lukisan yang tidak hanya dilukis oleh affandi saja, namun dilukis juga oleh beberapa pelukis handal seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Rusli, Hendra, Fajar Sidik dan lainnya. Semua lukisan yang terpajang di galeri kedua tersebut dijual untuk umum. Berbeda dengan galeri pertama yang mana lukisannya tidak untuk dijual satupun. Setiap lukisan yang terpajang didalam ruangan galeri kedua museum Affandi tersebut dijual dengan harga milyaran rupiah.

Museum Affandi Jogja

Museum Affandi Jogja

Jika berkunjung ke museum Affandi, tak akan lengkap rasanya jika tidak memasuki ruang galeri ketiga. Pada galeri ke-3 anda akan menyaksikan sebuah video berbahasa inggris yang diperkirakan terbuat tahun 1980-an. Video berbahasa inggris yang diterjemahkan dalam bahasa belanda tersebut memperlihatkan sosok Affandi yang sedang melukis di Parangtritis berdurasi 45 menit. Tidak hanya itu, di galeri tiga anda juga akan menemukan lukisan karya Maryati, kartika dan rubiyem yang sangat keren menyaingi lukisan karya affandi.

Jika anda sudah merasa puas mengelilingi semua ruangan di dalam museum affandi, maka anda bisa duduk bersantai di cafe loteng atau Cafe Museum Affandi sambil melepas dahaga dengan sebotol minuman dingin atau es cream sesuai selera anda. Aneka minuman di cafe affandi dapat ditukarkan dengan tiket masuk yang diberikan oleh petugas museum di ruang tiket. Satu tempat lagi yang perlu disinggahi oleh anda ketika berada didalam museum yang letaknya dekat sungai gajah wong tersebut yaitu makam affandi yang meninggal pada tanggal 23 mei tahun 1990. Makam Affandi sang maestro tersebut berada diantara galeri kesatu dan galeri kedua. Pada halaman pemakaman beliau, anda akan diperlihatkan dengan taman yang penuh dengan rimbunan pohon mawar sebagai hiasannya.

Letak Museum Affandi

Museum affandi dibangun pada tempat yang sangat strategis di Jalan Laksamana Adi Soetjipto No. 167, Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju musem tempat penyimpanan mahakarya pahlawan di bidang seni lukis tersebut sangatlah gampang dengan berbagai macam kendaraan. Anda dapat mengenal berbagai seni lukis lewat wisata museum affandi yang mana bangunan museum tersebut merupakan hasil rancangan affandi sendiri dengan warna hijau sebagai warna yang paling mendominasi. Dengan bangunannya yang unik berwarna hijau menjadikan pemandangan dari luar museum tampak indah terlihat dari jalan jalan raya sebelah utara Perpustakaan Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Museum Affandi

Museum Affandi dibuka setiap hari dari jam 10.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB, kecuali libur nasional. Adapun tiket masuk ke wisata museum milik Affandi yaitu Rp. 20.000 untuk wisatawan domestik dan free soft drink / ice cream, sementara tiket masuk untuk wisatawan manca negara hanya Rp. 50.000 itu sudah free soft drink dan souvenir.
Jogja adalah kota istimewa yang tidak hanya menawarkan wisata kuliner dan wisata budaya saja, tetapi jogja juga menawarkan wisata museum affandi sebagai cara mengenal seni lukis. Untuk anda yang sangat tertarik dengan dunia seni lukis dan ingin mempelajarinya lebih dalam, anda bisa datang ke museum kepunyaan Affandi sang seniman yang namanya begitu harum di tanah air yang hidup sederhana dan harmonis.

Baca : 12 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Bagus

loading...