Pakaian Adat Jawa

Pakaian Adat Jawa | Rating: 4.8 from 9 user Reviews | Reviewed by Tim Wisata Yogya | | Rating: 4.8

Pakaian Adat Jawa

Pakaian Adat Jawa biasanya hanya dipakai dalam waktu-waktu tertentu, misalnya didalam acara pernikahan kedua pengantinnya menggunakan pakaian adat jawa. Pakaian adat jawa pada umumnya berkiblat di dua tempat yatu kraton kasultanan yogyakarta dan kraton kasunanan surakarta. Anak-anak biasanya tidak mau memakai pakaian adat jawa dalam keseharian, tetapi kini telah banyak ditemui pakaian adat yang bernuansa modern yang didesain oleh perancang busana ternama. Pakaian adat jawa yang digunakan dalam keseharian banyak macamnya. tapi yang biasa digunakan yaitu beskap untuk model (gagrag) Surakarta, dan surjan untuk model Yogyakarta.

Beskap adalah jas pendek, umumnya berwarna polos. Seperti yang dipakai Parto pada acara Opera Van Java, meskipun sudah disulam dengan benang emas, tetapi motifnya tetap polos. Biasanya dipakai untuk menghadap raja, untuk pertemuan resmi, untuk menghadiri resepsi pernikahan, dan lain sebagainya. Tidak boleh memakai beskap tanpa blangkon, atau memakai beskap dipadukan dengan celana panjang lalu bersepatu. Hal itu dianggap tidak tahu adat.

Surjan adalah baju (bukan jas seperti beskap). Motif dan warnanya bisa bermacam-macam. Kalau anda berlibur ke Yogyakarta, para kusir delman banyak yang menggunakan surjan dengan motif lurik atau lainnya. Sama seperti beskap, surjan harus dipakai lengkap dengan blangkon, jarit dan selop serta tidak lupa menyelipkan keris dipinggangnya.

Itu tadi adalah sedikit dari pakaian adat jawa, bagaimana dengan anda, mau modis dengan pakaian adat jawa?


Join penulis di Google+, Join Sofyan di Google+

Kata Kunci :

pakaian adat yogyakarta, pakaian adat jawa, baju adat jawa, pakaian adat yogyakarta dan penjelasannya, Pakaian adat jogja, baju adat jogja, nama pakaian tradisional keraton jogja, nama pakaian adat pengantin DIY disebut, pakaian adat yogjakarta dan penjelasannya, pakaian adat pengantin yogyakarta, pakaian adat nikah jawa, pakaian adat lurik, pakaian adat keraton yogya, nama pakaian adat provinsi DIY, jual baju adat jawa anak, nama toko di yogya yg menjual baju adat jawa, wikipedia baju pengantin yogyakarta, pakaian nikah adat jawa jogja, penjelasan pakaian adat DIY yogyakarta, toko pakaian adat kraton jogja, toko online baju adat jawa operavanjava, toko blangkon jogja, toko baju beskap, toko baju adat daerah, tempat penjualan baju adat anak, tempat foto pakaian adat jogja, surjan beskap celana, sejarah surjan jogja, sejarah pakaian surjan, sejarah baju sorjan jawa,

3 comments

  1. Shanti Tiara Dewi

    makasih informasinya …

  2. Shanti Tiara Dewi

    alhmdulillh baik bang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top