Keindahan Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo Yogyakarta

Keindahan Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo Yogyakarta, Wisata Yogyakarta – Pada mulanya nama Wisata Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta kurang begitu terkenal dikalangan khalayak ramai. Destinasi wisata ini dulunya juga belum begitu ramai dikunjungi wisatawan. Namun semenjak ada salah satu artis yang meng-upload foto melalui akun instagram pribadi miliknya ketika berlibur di kalibiru, Bagaikan petir disiang bolong, nama Obyek wisata Kalibiru langsung melejit dan menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan wisata alam ini menjadi sangat populer dan wajib untuk dikunjungi bagi anda yang sedang berada di Yogyakarta.

Rumah Pohon di Kalibiru Yogyakarta

Rumah Pohon di Kalibiru Yogyakarta

Lokasi Dan Rute Objek Wisata Kalibiru Jogja

Lokasi objek wisata kalibiru Jogja berada di perbukitan Menoreh dengan ketinggian 450 mdpl. Lebih tepatnya berada di jalan Sermo-Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata alam ini berada sekitar 45 km dari pusat kota Jogja. Area wisata kalibiru juga berdekatan dengan wisata Waduk Sermo. Dengan menggunakan kecepatan standart, untuk menuju wisata alam kalibiru dapat memakan waktu antara 1 hingga 1,5 jam. Bila anda melalui Malioboro, ambil jalur kanan arah Purworejo dan ikuti jalan hingga Wates. Setelah sampai di terminal, ikuti petunjuk jalan menuju waduk Sermo.

Kemudian setelah sampai Sentolo menuju ke Pengasih, jika anda sudah sampai di perempatan, ambil jalur kanan menuju Clereng. Bila anda telah menemukan pasar kecil Clereng berkisar 300 meter, terdapat jembatan yang berada persisi di tikungan. 20 meter selepas jembatan terdapat petunjuk plang kecil bertuliskan Kalibiru belok kiri. Rute cepat menuju kalibiru Jogja melalui Clereng ini, merupakan rute yang paling mudah dan cepat untuk anda lalui. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan anda menggunakan kendaraan yang kuat dan ber-cc tinggi. Karena untuk menuju ke wisata alam kalibiru, banyak terdapat jalan berliku dan juga tanjakan tajam.

Rute Menuju Wisata Kalibiru

Rute Menuju Wisata Kalibiru

Keindahan Wisata Kalibiru Jogja

Setelah melalui perjalanan panjang, tikungan curam dan tanjakan tajam, rasanya perjalanan melelahkan anda akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh Kalibiru. Pesona wisata alam kalibiru Jogja memang tiada duanya, destinasi wisata ini sangat cocok untuk rileks melepaskan penat dan stress kita. Udara yang sejuk dan hamparan pepohonan hijau, akan siap memanjakan mata anda. Berada di Puncak kalibiru Jogja terdapat banyak spot yang sayang bila anda lewatkan seperti, prasasti batu, menara pandang, fly over dan masih banyak lagi. Anda bisa menikmati semua keindahan pesona Kalibiru ini dengan biaya tiket yang sangat murah.

Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru Yogyakarta

Harga tiket masuk Kalibiru Jogja hanya Rp. 5.000,- saja, sedangkan parkir sepeda motor Rp. 2.000,- dan parkir mobil Rp. 5.000.

Fasilitas Wisata Kalibiru Yogyakarta

Fasilitas wisata alam Kalibiru juga sangat lengkap. Pesona Kalibiru ini akan sangat terlihat bila kita melihatnya dari ketinggian. Ada beberapa menara pandang diatas pohon atau rumah pohon yang dapat kita naiki untuk melihat hamparan luas keindahan alam Kalibiru. Bila kita ingin menaiki menara pohon dan berfoto diatasnya, kita cukup membayar biaya akomodasi tambahan sekitar Rp. 10.000 saja. Nah dari ketinggian di menara pohon ini, akan tersuguh hamparan pepohonan hijau dengan pemandangan waduk Sermo di tengahnya. Jika cuaca sedang cerah dan mendukung, kita juga dapat melihat ombak putih pantai selatan dari atas menara pohon ini. Pemandangan di wisata alam Kalibiru ini memang dapat kita nikmati pesonanya setiap saat. Baik itu pagi, siang maupun sore hari, yang recommended banget nih waktu sore hari dan cuaca mendukung.

Penginapan dan Homestay di Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Kita akan melihat indahnya sunset dari atas menara. Benar-benar keindahan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Selain menara pohon, terdapat juga 6 homestay yang mampu menampung 10 hingga 15 orang. Harga Homestay di Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta yang ditawarkan mulai dari Rp. 120.000 per malam untuk satu homestay. Pastinya sangat cocok untuk acara gathering, makrab atau acara seru lainnya. Wisata alam kalibiru juga menyediakan pendopo dan cottage yang disewakan. Dengan asumsi harga cottage berkisar Rp. 120 hingga 130 ribu. Sedangkan biaya sewa pendopo berkisar Rp. 150 ribu dengan biaya makan Rp. 10 ribu untuk satu kali makan.

Nah, bagaimana anda tertarik berlibur ke wisata alam Kalibiru Jogja ini? Atau anda akan berencara berlibur dan menginap bersama sahabat atau keluarga besar anda? Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran, rileks dan penghilang stress dalam kepenatan aktifitas kita. yang paling penting, wisata ini juga murah meriah tapi berkesan mewah.

Artikel ini berhubungan dengan :

Kali biru Kulon Progo,kalibiru kulonprogo,kalibiru kulon progo,wisata kulon progo kalibiru,keindahan wisata kalibiru,bukit bintang kulonprogo,kali biru kulonprogo,wisata kulon progo yogyakarta,lokasi wisata kalibiru dari malioboro,rekreasi kali biru kulon progo jogja