Puncak Suroloyo, Nikmati Wisata Ketinggian

Puncak Suroloyo, begitu para wisatawan Jogja menyebutnya. Puncak Suroloyo berada di dusun Keceme, Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa tahun belakangan, Daerah Istimewa Yogyakarta memang sangat dikenal mempunyai wisata alam yang menakjubkan. Puncak suroloyo di pegunungan menoreh ini adalah salah satunya. Pernahkan anda mengunjunginya?

Puncak Suroloyo adalah sebuah tempat di pegunungan Menoreh yang begitu sarat akan cerita mitos. Selain cerita tentang Sultan Agung, puncak Suroloyo ini juga dikaitan dengan mitos pancering bumi atau sebuah pusat dari empat penjuru ditanah jawa. Pancering bumi adalah titik temu jika ditarik garis dari utara pulau jawa keselatan dan dari barat ketimur pulau jawa. Mitos inilah yang menyebabkan pada saat malam satu suro (1 muharram) puncak Suroloyo sangat ramai.

Menelusuri Puncak Suroloyo

Kawasan pegunungan menoreh pada bagian barat Propinsi DIY tersebut telah menjadi kawasan wisata. Jalan kepuncak diwarnai dengan anak tangga dan jalan berliku. Namun sebuah kepuasan tersendiri saat kita mampu manjangkaunya, udara sejuk pun menyapa seakan sebuah ucapan selamat datang dipuncak suroloyo. Lelah dan letih pun langsung terobati kitika kita melihat pesona alam yang begitu indah. Pemandangan alam dari ketinggian pun mengajak mata kita menerawang kesegala penjuru pulau Jawa dengan ditemani udara yang sejuk karena berada di ketinggian lebih dari 1000 meter.

Kami menyarankan ambillah waktu pagi menjelang matahari terbit hingga menjelang pagi. Pemandangan akan sangat maksimal jika cuaca sedang cerah. Lelah kaki menginjak 286 anak tangga dengan jarak lebih dari 150 meter terobati sudah. Anda dapat menikmati pemandangan sekeliling melalui tiga buah gardu pandang yang masing-masing mempunyai nama yaitu suroloyo, sariloyo dan kaendran.

Ketika berada dipuncak, pesona alam akan terasa sangat menakjubkan. Anda dapat melihat candi Borobudur dari atas, seperti dilihat dari atas pesawat bukan?

wisata puncak suroloyo

Transportasi ke Puncak Suroloyo

Silakan pakai transportasi pribadi karena tidak ada transportasi umum yang sampai kesana. Jalan menuju Suroloyo terdapat tikungan tajan dan menanjak. Untuk mencapai Suroloyo anda bisa melalui rute Jl Godean – Kenteng – Nanggulan – Kalibawang – Suroloyo. Tidak ada pembelian tiket untuk masuk ke wisata puncak Suroloyo, semuanya dapat dinikmati secara gratis.

Artikel ini berhubungan dengan :

puncak suroloyo