Taman Tebing Breksi Di Prambanan Dengan Pemandangan Yang Indah

loading...

Taman Tebing Breksi Di Prambanan Dengan Pandangan Yang Indah, Wisata Yogyakarta – Munculnya Taman Tebing Breksi ini bisa menjadi alternatif wisata lain yang kian menaikkan animo wisatawan untuk datang ke Yogyakarta. Lantaran, Tebing Breksi menawarkan keelokan alam yang cukup bagus. Sajian utama yang disuguhkan oleh taman Tebing Breksi ialah barisan tebing batu breksi yang menjulang dengan gagah. Tebing ini sejatinya telah terbentuk jutaan tahun lalu, akan tetapi karena adanya kegiatan penambangan di lokasi tersebut, tebing itu berubah menjadi mempunyai ornamen ornamen pahatan. Tidak cuma itu, sisa penambangan juga membuka penampang dinding tebing sehingga kelihatan bentuk batuan yang menyusunnya seperti kue lapis. Keadaan itu menjadi keelokan tersediri yang menyebabkan para pengunjung sangat berminat untuk berfoto dengan background Tebing Breksi yang amat elok. Tidak sedikit yang menjadikan ini menjadi spot hunting foto, terlebih untuk momen khusus semacam pre wedding.

Taman Tebing Breksi di Yogyakarta

Taman Tebing Breksi di Yogyakarta Pada Malam Hari

Tangga di Tebing Breksi

Tidak cuma menyuguhkan keelokan geo heritage, dari atas Tebing Breksi Yogyakarta pengunjung juga bisa memandang lanscape kota jogja, candi prambanan, sampai hilir mudik pesawat di bandara adi sucipto. Yang paling spesial ialah ketika di mana mentari mulai tenggelam. Tebing Breksi ini memberi panorama sunset yang begitu dramatis. Selain pada siang hari, Tebing Breksi juga ramai di malam hari. Hal itu karena Tebing Breksi malam hari menyajikan pemandangan yang terlihat tidak kalah bagus dibanding pada siang hari. Pada malam hari pengelola sudah menyediakan beberapa lampu yang menyorot ke arah Tebing sehingga menjadikannya lebih bagus.
Di tengah hamparan tebing Breksi terdapat semacam tribun penonton dan juga panggung hiburan. Tempat ini sangat bagus apabila dijadikan sebagai lokasi pertunjukan baik musik maupun pentas seni lainnya. Beberapa waktu yang lalu Dewa Bujana mengadakan konser di tempat tersebut.

Sejarah Tebing Breksi yogyakarta

Lokasi wisata Tebing Breksi di Sleman Yogyakarta sungguh istimewa, karna menampilkan tebing selaku obyeknya. Tebing yang kelihatan bagaikan mahakarya seni raksasa ini diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta pada 30 Mei 2015. Bertahun-tahun bukit gamping di kawasan dusun nglengkong, groyokan sambirejo prambanan itu, menjadi sumber mata pencaharian penduduk. Mereka menambang serta mendapatkan penghasilan dari situ. Tetapi mulai tahun 2015, penambangan itu dihentikan.

Larangan pemerintah, nyatanya tidak menghalangi daya cipta dan kreativitas penduduk. Melihat tebing sisa penambangan, penduduk sekeliling memiliki gagasan lain. Gagasan itu datang, ketika memandang bekas-bekas batu meninggalkan gurat-gurat yang bagus. Kombinasi warga putih mengilap bercahaya kuning serta coklat dalam bidang tebing yang sedemikian itu besar, memberi panorama yang memukau.

Larangan pemda ini muncul, sesudah beberapa peneliti melaksanakan analisis. Hasilnya, batuan gamping breksi disana nyatanya ialah sedimen abu vulkanik dari gunung api purba Nglanggeran. Sehingga, area ini masuk dalam cagar budaya serta mesti dilestarikan. Sama halnya atas eksistensi gunung api Purba Nnglanggeran situs lain yang juga dilindungi adalah  candi ijo, situs ratu boko dan sebagainya.

Lokasi Tebing Breksi jogja

Lokasi tempat wisata yang instagramable di Yogya ini tidak jauh dari jantung kota jogja. Posisi Tebing Breksi bersebelahan dengan candi ijo yang juga lagi ngehits. Tempat Tebing Breksi ini persisnya terletak di desa Groyokan dukuh sambirejo kecamatan prambanan kabupaten sleman. Arah menuju Tebing Breksi juga gampang dijangkau karna terdapat di jalur utama prambanan piyungan kira-kira 1 kilometer sebelum sampai ke candi ijo.

Arah Tebing Breksi dari jogja

Berikut adalah rute yang harus anda tempuh untuk menuju ke Tempat wisata Sleman Tebing Breksi ini. Arah menuju Tebing Breksi yang setidaknya gampang dilewati ialah dari candi prambanan. Jadi bila sampai dari jogja, langsung menuju arah candi prambanan, setelah itu di pertigaan pasar prambanan ambil kanan arah ke piyungan. Dari situ kurang lebih 3 kilometer menuju tebing breksi. Cari alamat arah ke candi ijo setelah itu ambil kiri (pertigaan ini sebelum sdn sambirejo). Dari pertigaan ini masih harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 kilometer. Jalur menuju Tebing Breksi ini cukup mendaki serta keadaannya juga tidak amat bagus.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Sleman

Untuk masuk ke kawasan wisata taman tebing breksi, pengunjung belum dikenakan dana pungutan, cuma cukup membayar dana parkir rp. 2. 000 untuk motor serta rp. 5. 000 untuk mobil.

Baca juga :

15 Tempat Wisata Pilihan di Kabupaten Sleman Yogyakarta

20 Tempat Wisata di Bantul Paling Terkenal
Demikian adalah informasi seputar Taman Tebing Breksi Di Prambanan Dengan Pemandangan Yang Indah. Wisata Tebing Breksi ini dapat menambah daftar tempat wisata di Yogyakarta yang saat ini menjadi favorit untuk dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Artikel ini berhubungan dengan :

tebing breksi malam hari,breksi gunung kidul,wisata bukit tebing breksi
loading...