15 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling Ramai Dikunjungi Wisatawan

15 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling Ramai Dikunjungi Wisatawan, Wisata Yogyakarta – Sleman adalah sebuah nama Kabupaten yang masuk dalam Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mungkin diantara pembaca sekalian belum kenal dengan Kabupaten Sleman. Hal itu sangat wajar terutama bagi anda yang berasal dari luar Yogyakarta. Jadi di Provinsi Yogyakarta itu terdapat 5 Kabupaten yaitu Kota Yogyakarta sendiri, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunung Kidul. Warga Masyarakat dari luar daerah banyak yang tidak mengenal Kabupaten di Yogyakarta ini. Mereka hanya tau nama Provinsi Yogyakarta. Kabupaten Sleman sendiri merupakan salah satu Kabupaten yang paling dekat dengan Pusat Kota Yogyakarta. Sehingga banyak yang mengira bahwa wilayah tertentu masuk dalam Kota Yogyakarta, padahal masih dalam wilayah Kabupaten Sleman.

Bicara mengenai Obyek wisata di Yogyakarta maka tidak bisa terlepas dari berbagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman terdapat di Bagian Utara Provinsi Yogyakarta. Bagian utara ini terdapat Gunung yang sangat terkenal yaitu Gunung Merapi. Jadi jangan mengharapkan Wisata Pantai di Kabupaten Sleman karena di Sleman tidak ada pantai. Wisata Sleman banyak yang berada di Perbukitan yaitu di Lereng Gunung Merapi.

Nah dalam artikel ini akan kami sampaikan 15 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling Ramai Dikunjungi Wisatawan. Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata yang ada di Kabupaten Sleman ini. Namun dalam artikel ini hanya kami pilihkan 15 yang paling menarik dan sudah banyak terkenal sampai ke luar daerah Yogyakarta.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan Sleman Yogyakarta

Candi Prambanan Sleman Yogyakarta

Pembahasan tentang Tempat Wisata di Sleman ini kami awali dengan tempat wisata Candi yaitu Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan sebuah Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan sudah diakui sebagai candi terindah di Asia Tenggara serta sudah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Hal itu terbukti dari banyaknya wisatawan yang berdatangan ke lokasi wisata ini baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Wisata daerah Sleman berupa Candi Prambanan ini sangat erat dengan sebuah cerita dongeng tentang Loro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Di sebelah barat Candi Prambanan ini terdapat sebuah gedung tempat diselenggarakannya Sendratari Ramayana. Sendratari merupakan sebuah pertunjukan seni drama dan tari yang mengisahkan tentang Kisah Ramayana. Tak sulit untuk menemukan Candi Prambanan ini karena lokasinya berada di tepi Jalan Jalur Jogja-Solo. Alamat Candi Prambanan tepatnya berada di Desa Karangasem, Kecamatan Bokoharjo atau berjarak sekitar 16 Km dari Kota Yogyakarta. Jika anda berkunjung ke Candi Prambanan jangan lupa sekalian mengunjungi Candi Ratu Boko karena lokasinya berdekatan serta terdapat tiket paketan yang lebih murah apabila berkunjung ke kedua Tempat wisata tersebut.

2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko Sleman Yogyakarta

Candi Ratu Boko Sleman Yogyakarta

Tempat wisata di Kabupaten Sleman selanjutnya masih berupa candi yaitu Candi Ratu Boko. Candi Rtu Boko juga sering disebut dengan Candi Boko atau juga Istana Ratu Boko. Candi Ratu Boko merupakan sebuah kompleks arkeologi dengan luas 19 hektar. Lokasi Candi Ratu Boko adalah di atas sebuah bukit di Dusun Dawung, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman. Dari atas Candi Ratu Boko ini anda dapat melihat pemandangan Candi Prambanan dari atas bukit. Lokasi Candi Ratu boko ini sangat bagus apabila dijadikan lokasi berfoto. Pemandangannya tampak indah dan terlihat klasik. Candi Ratu Boko juga berkaitan dengan Cerita Rakyat Yogyakarta Roro Jonggrang. Menurut cerita tesebut Roro Jonggrang merupakan putri dari Kerajaan Boko.

3. Candi Kalasan

Candi Kalasan Sleman Yogyakarta

Candi Kalasan Sleman Yogyakarta

Daftar tempat wisata di Sleman selanjutnya adalah Candi Kalasan. Candi Kalasan merupakan sebuah Candi Umat Budha yang terdapat di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan Kaupaten Sleman Yogyakarta. Karena lokasinya berada di Desa Kalibening Candi ini juga sering dikenal dengan Candi Kalibening. Keberadaan Candi Kalasan  juga mudah ditemukan karena terletak di tepi jalan raya jalur Jogja-Solo, berdekatan dengan Candi Prambanan. Meskipun ada beberapa bangunan dan rerimbunan pohon yang menghalangi keberadaan Candi Kalasan ini. Informasi mengenai Candi Kalasan ini dimuat dalam sebuah prasasti yang bernama Prasasti Kalasan. Prasasti Kalasan ditulis pada tahun 700 Saka atau 778 M.

4. Candi Sambisari

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Tempat Wisata di Sleman selanjutnya masih berupa wisata candi yaitu Candi Sambisari. Obyek wisata Candi Sambisari merupakan salah satu Candi Indah di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Lokasi Candi Sambisari adalah di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Lokasi Candi sambisari ini dapat ditempuh dari Kota Jogja dengan jarak sekitar 12 km. Candi Sambisari Sleman merupakan sebuah candi Agama Hindu tempat pemujaan Dewa Syiwa yang diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Mataram Hindu pada awal abad ke 9 oleh Rakai Garung, seorang raja dari Wangsa Syailendra.

5. Candi Ijo

Candi Ijo Sleman Yogyakarta

Candi Ijo Sleman Yogyakarta

Tempat wisata di Jogja Candi Ijo merupakan sebuah candi yang lokasinya masih berdekatan dengan Candi Boko. Memang Candi Ijo ini tidak begitu ramai apabila dibandingkan dengan Candi Prambanan dan Candi Boko, Namun Candi Ijo ini memiliki keistimewaan tersendiri dibanding candi lainnya di Yogyakarta. Candi Ijo berdiri di sebuah bukit dengan nama Gumuk Ijo atau Bukit Hijau dengan ketinggian 410 mdpl. Oleh karena itu candi ini dinamakan dengan Candi Ijo. Keberadaan Candi Ijo ini menjadikannya sebagai Candi yang letaknya tertinggi di Yogyakarta. Dari atas bukit Candi Ijo ini anda dapat melihat pemandangan yang sangat bagus yaitu hijaunya sawah yang berada di bawahnya serta anda juga dapat melihat pesawat yang sedang landing di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Di Kabupaten Sleman ada banyak sekali candi yang ditemukan, namun dalam artikel ini kami hanya membahas 5 wisata candi di Sleman diantaranya yang menurut kami paling indah. Tempat wisata candi lainnya di Kabupaten Sleman diantaranya adalah :

Candi Banyunibo, terletak di Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Candi Sari, terletak di Desa Titromani Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman
Candi Barong, terletak di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Candi Kedulan, terletak di Desa Titromani Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman
Candi Gebang, terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman
Candi Morangan, terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman
Candi Keblak, terletak di Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Candi Abang, terletak di Desa Jogotirto Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman
Candi Miri, terletak di Desa Nguwot Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Candi Dawangsari, terletak di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Candi Kimpulan, terletak di Kaliurang , Besi, Kabupaten Sleman
Candi Klodangan, terletak di Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman
Candi Palgading, terletak di Dusun Palgading, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman
Arca Bugisan atau Arca Proliman , terletak di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman
Candi Watu Gudhig, terletak di Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Situs Arca Gupolo, terletak di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Situs Goa Sentono, terletak di Desa Jogotirto Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman

6. Wisata Kaliurang

Wisata Kaliurang Sleman Yogyakarta

Wisata Kaliurang Sleman Yogyakarta

Tempat Wisata Sleman selanjutnya adalah Kaliurang. Kaliurang merupakan kawasan wisata di Yogyakarta yang terdapat di lereng Gunung Merapi. Suasana yang sejuk serta pemandangan Gunung yang menawan merupakan salah satu daya tarik dari Wisata Kaliurang ini. Kawasan wisata Kaliurang terdapat di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta. Ketinggian dari wisata Kaliurang adalah sekitar 900 mdpl, sehingga suhu udara di daerah ini lumayan sejuk sekitar 20 – 25 derajad celcius. Di sepanjang perjalanan menuju Kaliurang anda dapat menyaksikan suasana alam pegunungan yang indah dan sejuk. Ada beberapa spot menarik di Kaliurang. Yang paling terkenal dari wisata alam di Sleman Kaliurang adalah Gardu pandang Gunung Merapinya. Di gardu pandang ini anda dapat melihat puncak Gunung Merapi yang mengepulkan asap dengan menggunakan bantuan teropong. Spot wisata di Kaliurang lainnya adalah Taman Wisata Plawangan Turgo, Tlogo Putri, Goa Jepang, Taman Bermain Anak-Anak, wisata Kaliadem dan juga Air Terjun Tlogomuncar.

7. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Sleman Yogyakarta

Museum Gunung Merapi Sleman Yogyakarta

Tahukah kamu kalau Gunung Merapi di Yogyakarta itu sangat spesial ? Gunung Merapi meruapakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Hal itu mengundang ilmuwan dari berbagai negara untuk mempelajari aktifitas Gunung Merapi ini. Apalagi Gunung Merapi memiliki tipe letusan berupa luncuran awan panas atau sering disebut dengan Wedhus Gembel atau Piroclatus. Oleh karena itu Pemerntah membangun sebuah museum yang didedikasikan sebagai wahana edukasi tentang ilmu kebencanaan gunung berapi, gempa bumu dan bencana alam lainnya. Museum ini bernama Museum Gunung Merapi yang lokasinya tak jauh dari Kawasan Wisata Kaliurang Alamat lengkap Museum Gunung Merapi adalah di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta. Luas bangunan Museum Gunung Merapi adalah sekitar 4,470 m2 yang berdiri di tanah seluas 3,5 hektar. Di dalam Museum Gunung Merapi ini terdapat beberapa ruangan yang dibuat berdasarkan tema tertentu seperti Volcano World, On The Merapi Volcano Trail, Manusia dan Gunungapi, Bencana Gempa bumi dan Tsunami, Bencana Gerakan Tanah, Diorama, Peralatan Survey, Extra-terrestrial Volcano, Film Show dll. Menarik bukan ?

8. Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku Sleman Yogyakarta

Museum Mini Sisa Hartaku Sleman Yogyakarta

Pada tahun 2010 atau tepatnya pada Bulan Oktober – November 2010 Gunung Merapi mengalami erupsi yang sangat dahsyat. Pada waktu itu banyak sekali warga yang harus mengungsi karena desa mereka hancur diterjang lava Gunung Merapi. Sang Juru Kunci Merapi yaitu Mbah Maridjan juga tewas pada peristiwa meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010 ini karena beliau menolak untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman. Salah satu Desa yang hancur karena Meletusnya Gunung Merapi ini adalah Dusun Petung Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Di dusun itu terdapat sebuah ruah milik Bapak Riyanto yang kondisinya sudah hancur. Mengetahui rumah dan isinya sudah hancur, Bapak Riyanto tidak membuangnya namun menyuruh anaknya, Widodo untuk mengumpulkan barang barang yang masih tersisa. Barang-barang yang masih tersisa ini kondisinya juga sudah tidak karuan karena habis diterjang lava panas Merapi. Namun justru itulah yang membuat barang-barang ini menjadi unik dan memiliki nilai historis yang tinggi. Rumah Bapak Riyanto kemudian dijadikan sebagai Museum Mini Sisa Hartaku yang didalamnya berisi semua barang sisa letusan gunung Merapi, misalnya tulang sapi, perabot berupa piring, sendok, botol yang meleleh serta ada juga sepeda motor yang tinggal rangka besinya saja. Museum ini sekarang menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Kabupaten Sleman karena banyak yang penasaran bagaimana efek dari Letusan Gunung Merapi yang dahsyat itu.

9. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi Yogyakarta

Lava Tour Merapi Yogyakarta

Letusan Gunung Merapi tahun 2010 yang mengeluarkan banyak sekali lava dan meluluh lantakkan beberapa desa di lereng Gunung Merapi pastinya menimbulkan duka yang mendalam bagi warga di sekitar Merapi. Dari letusan itu kemudian menimbulkan ladang-ladang lava di sekitar Gunung Merapi. Hal itu kemudian memunculkan ide untuk membuat tour bagi wisatawan yang ingin melihat bekas letusan Gunung Merapi di sekitar Kabupaten Sleman. Tour ini biasa disebut dengan Lava Tour Merapi yang dalam perjalannnya menggunakan kendaraan Jeep seperti yang banyak terdapat di Gunung Bromo. Pemilihan kendaraan Jeep karena disamping kendaraannya tangguh juga menimbulkan sensasi tersendiri bagi pengendaranya. Ada banyak penyedia jasa Lava Tour Merapi ini, anda dapat memilih salah satu diantranya yang terbaik. Salah satu rute yang akan dilewati dalam perjalanan Lava Tour Merapi ini adalah Kaliurang – Desa Tangkisan – Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi – Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Mini Sisa hartaku – Menuju Desa jambu- Baru Wajah atau Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas,  Menyusuri  Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem – Singgah di kampung Mbah Maridjan – Menyeberangi Sungai Gendol- Singgah Di makam Mbah Maridjan, Bermain Air di Kali kuning.

10. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali Yogyakarta

Monumen Jogja Kembali Yogyakarta

Wisata Sleman Monumen Jogja Kembali sering disingkat menjadi Monjali, merupakan sebuah monumen perjuangan Rakyat Indonesia dalam Mengusir Penjajah Belanda yang pada waktu itu menduduki Kota Yogyakarta. Mungkin anda heran kenapa kami masukkan Monumen Jogja Kembali dalam daftar tempat Wisata di Kabupaten Sleman. Ya, karena meskipun Monjali sangat dekat dengan Kota Yogyakarta, faktanya secara administrastif masih masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Alamat Monumen Jogja Kembali Yogyakarta adalah di  Jalan Lingkar Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Monumen ini dinamakan sebagai Monumen Jogja Kembali karena dibangun sebagai perngatan atas peristiwa ditariknya tentara pendudukan Belanda dari Kota Yogyakarta yang pada waktu itu dijadikan sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia pada tanggal 29 Juni 1949.

11. Museum Affandi

Museum Affandi Yogyakarta

Museum Affandi Yogyakarta

Pernah dengar nama Affandi ? Pasti pernah dong. Affandi adalah seorang maestro seni lukis asal Yogyakarta yang sudah terkenal di Indonesia. Wisata Museum Affandi ini digunakan sebagai tempat menyimpan hasil karya lukisan beliau dan juga beberapa benda pribadi yang pernah dipakai oleh Affandi. Saat ini Museum Affandi juga dimanfaatkan sebagai sangar seni untuk melatih bakat melukis anak. Untuk menemukan Museum Affandi ini tidaklah sulit karena lokasinya berada di tepi Jalan Solo sebelah barat Sungai Gajah Wong. Museum Affandi ini sangat cocok anda kunjungi apabila memiliki ketertarikan terhadap seni lukis dan ingin mengetahui seperti apa karya sang legenda lukis Affandi. Selain itu Museum Affandi juga dapat dijadikan sebagai wisata edukatif bagi putra-putri anda dan dapat mengenalkannya denagn seni lukis.

12. Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Wisata Sleman berupa Museum ini memiliki nama lengkap Museum Pusat TNI AU “Dirgantara Mandala”. Museum Dirgantara Mandala awalnya berada di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta, namun kemuian dipindahkan ke Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 197. Museum Dirgantara Mandala ibangun untuk mengabadikan berbagai macam perisriwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU. Di dalam Museum Dirgantara Mandala disimpan berbagai macam pesawat tempur yang pernah dimiliki TNI AU serat foto dan diorama beberapa tokoh dalam sejarah Angkatan Udara Indonesia. Museum Dirgantara Mandala merupakan tempat wisata edukatif di Yogyakarta yang banyak menarik minat masyarakat terutama anak-anak usia TK dan SD. Di lokasi ini orang tua dapat mengenalkan tentang sejarah Angkatan Udara di Indonesia dengan menyenangkan karena kebanyakan anak kecil suka melihat pesawat. Jika anda berminat berkunjung, anda dapat langsung menuju alamat Museum Dirgantara Mandala di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282, Indonesia.

13. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Tempat Wisata Alam Di Sleman, Tempat Wisata Sejarah di Sleman, sekarang kita akan membahas tentang Tempat Wisata Keluarga di Sleman. Tempat Wisata Keluarga di Sleman pertama adalah Sindu Kusuma Edupark. Sindu Kusuma Edupark bisa dikatakan sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta dan di Sleman. Sindu Kusuma Edupark Kabupaten Sleman menyajikan aneka macam wahana permainan yang sangat menarik untuk dicoba. Wisata dalam bentuk permainan seperti ini dapat menambah warna tersendiri di Yogyakarta setelah sebelumnya juga ada wisata serupa misalnya Kids Fun. Pengelola Sindu Kusuma Edupark bukanlah pemain baru dalam bidang wisata, karena sebelumnya pengelola Sindu Kusuma Edupark sudah terlebih dahulu sukses membangun Kusuma Agrowisata di Malang Jawa Timur. Di Sindu Kusuma Edupark anda dapat menikmati berbagai macam permainan seperti Bianglala raksasa, Kereta mini, Boom boom car, Trampoline, Flying Chair, UFO Bicycle, ATV dll. Salah satu yang menjadi andala di Sindu Kusuma Edupark adalah Bianglala raksasa yang jika anda menaikinya anda dapat melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari atas ketinggian. Alamat Sindu Kusuma Edupark adalah di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

14. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark Yogyakarta

Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark Yogyakarta

Satu lagi Wisata Keluarga di Yogyakarta yang sedang naik daun yaitu Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark atau sering disebut dengan Jogja Bay. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark merupakan sebuah waterpark terbesar di Indonesia. Tidak terbayang bukan bagaimana keseruan di dalamnya. Di Jogja Bay ini anda dapat menikmati berbagai macam permainan air seperti kolam renang, prosotan, mercusuar, kapal bajak laut dll. Wahana yang pastinya menarik perhatian adalah wahana How to survive in tsunami and earthquake. Di ahana ini anda dapat merasakan sensasi seperti saat tsunami melanda. Dan yang paling penting anda dapat belajar bertaha dalam kondisi tersebut. Alamat Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark adalah di Jalan Stadion Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.

15. Tebing Breksi Sleman

Tebing Breksi Sleman Yogyakarta

Tebing Breksi Sleman Yogyakarta

Di Kabupaten Sleman terdapat sebuah tebing yang terbentuk dari endapan lava Gunung api purba ribuan tahun yang lalu. Tebing ini membentuk sebuah pemandangan yang unik sekali. Sayangnya keberadaan tebing ini terancamkarena terdapat aktivitas penambangan yang tak terkendali. Untuk menyelamatkan tebing ini maka tebing Breksi ini dijadikan sebagai sebuah lokasi wisata. Wisata Sleman terbaru berupa Tebing Breksi ini sudah diresmikan pada tanggal 21-22 Mei 2016. Tebing Breksi adalah salah satu dari sembilan geo-heritage yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Energi Sumberdaya Mineral (ESDM). Jadi Tebing Breksi di Sleman ini merupakan sebuah tempat wisata baru di Sleman Yogyakarta. Alamat Tebing Breksi Sleman ini adalah di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

Demikian tadi adalah informasi seputar 15 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta yang Paling Ramai Dikunjungi Wisatawan. Kabupaten Sleman sebagai bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyimpan berbagai macam tempat wsiata yang sangat sayang apabila dilewatkan. Oleh karena itu apabila berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk mampir dan mendatangi berbagai Wisata Sleman yang kami jelaskan diatas.

Baca juga :
12 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Bagus

Save

Artikel ini berhubungan dengan :

tempat wisata di sleman,wisata sleman,tempat wisata sleman,tempat wisata daerah sleman,wisata alam sleman,wisata di sleman,wisata sleman yogyakarta,wisata air sleman,daftar tempat wisata di sleman,candi di sleman