Candi Borobudur, Candi Buddha Terbesar

Candi Borobudur adalah Candi yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sebelah barat laut dari Yogyakarta dan juga merupakan Candi Buddha terbesar didunia yang dibangun pada abad ke-8 oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Bagi para wisatawan, Candi Borobudur adalah objek wisata yang sangat menarik dan unik. Selain mengagumi relief dan arsitekturnya, Candi Borobudur adalah tempat yang sempurna untuk melihat sunrise dan sunset karena akan indah melihat dari ketinggian.

Menurut cerita, pembangunan Candi Borobudur memakan waktu selama lebih dari 50 tahun atau setengah abad, Arsitek yang merancangnya adalah Gunadharma. Dan membutuhkan lebih dari dua juta balok batu untuk membangun Candi Borobudur. Material batu-batu tersebut merupakan batuan vulkanik yang diambil dari sungai yang berada di sekitar Candi Borobudur. Hal yang sangat unik dalam pembangunan candi Borobudur adalah mereka tidak menggunakan lem perekat, semen, atau sejenisnya.

candi borobudur

Tiket masuk candi Borobudur ini sekarang harganya Rp.30.000 tiap orang. Lumayan mahal untuk obyek wisata bagi wisatawan lokal. Aturan memasuki kompleks Candi Borobudur juga ketat. Para wisatawan tidak boleh membawa makanan ke candi. Bagi yang ingin makan harus makan diluar kompleks Candi. Ada yang berbeda sekarang ketika masuk ke candi Borobudur adalah sarungisasi  pengunjung. Itu artinya pengunjung harus memakai sarung batik yang disediakan petugas untuk memasuki candi Borobudur. Sarung dipakai saat memasuki kompleks candi dan sarung dikembalikan di jalur keluar kompleks candi.

Jika anda dari kota Yogyakarta, anda harus menempuh sekitar 40 km untuk sampai candi Borobudur, dengan melewati jalan Magelang. Dan jangan takut nyasar karena sudah banyak penunjuk jalan ke candi Borobudur.