Candi Prambanan : Candi Hindu Tercantik di Indonesia

Candi Prambanan adalah candi peninggalan budaya Hindu, menurut literatur sejarah candi ini dibangun pada abad ke-10. Candi ini terletak di kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. yang konon dulunya terdapat 999 buah candi kini hanya terdapat beberapa candi besar saja, dan candi-candi kecil lainnya. Candi-candi tersebut ukurannya berbeda-beda dan ada satu buah candi yang paling besar.

Tiap Candi ada tangga masuk dan didalam candi tersebut ada patung yang berbeda-beda, juga di dinding candi terdapat relief yang sangat unik karena relief ini menggambarkan kebudayaan Hindu dimasa lalu. Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut melambangkan kepercayaan Hindu yaitu Trimurti. ketiga candi tersebut menghadap ketimur dan dari ketiganya terdapat candi pendamping yang menghadap kebarat.

Gempa yang menghantam Yogyakarta tahun 2006 memang menimbulkan banyak kerusakan pada candi, tapi jangan khawatir, kerusakan tersebut kini telah diperbaiki. Jika anda ingin ke candi Prambanan, jika anda berkendara menggunakan sepeda motor ataupun mobil, anda cukup melewati jalan Solo, dari jembatan layang Janti, ke timur terus saja. nanti anda akan melihat candi Prambanan disebelah kiri jalan sebelum melewati perbatasan ke Jawa Tengah.

candi hindu prambanan tercantik

Di kompeks candi Prambanan juga ada bumi perkemahannya, penulis juga pernah berkemah disana dan merasakan indahnya berkemah disana. Nah bagi anda yang ingin berlibur kesana, jangan ragu-ragu untuk datang.

Artikel ini berhubungan dengan :

candi tercantik di Indonesia