Candi Prambanan Yang Indah dengan Kisah Legenda Yang Menarik

loading...

Candi Prambanan Yang Indah dengan Kisah Legenda Yang Menarik, Wisata Yogyakarta – Pernah berkunjung ke Candi Prambanan ? Atau baru mau berwisata ke sana ? Jika memang belum pernah ke Candi Prambanan maka anda harus merencanakan berwisata ke Candi yang sangat eksotis ini. Candi Prambanan merupakan sebuah candi paling eksotis di dunia. Candi Prambanan peninggalan Agama Hindu tertinggi di Indonesia. Candi ini terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan berdasarkan info yang kami terima,pengelolaan dari Candi Prambanan ini dilakukan oleh Dinas pariwisata kedua provinsi ini. Seperti kami sampaikan di awal bahwa Candi Prambanan ini memiliki bentuk yang sangat eksotis. Selain itu ada banyak spot si sekitar Candi Prambanan ini yang juga sangat bagus untuk lokasi berfoto-foto.

Candi Prambanan Yogyakarta

Letak Candi Prambanan

Lokasi Candi Prambanan adalah di Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jarak dari Jalan Raya Jogja – Solo cukup dekat yaitu hanya 100, sehingga jika anda melintasi jalan itu pasti dapat melihat Candi Prambanan dengan jelas.

Sejarah Candi Prambanan

Sejarah berdirinya Candi Prambanan diperkirakan pada pertengahan abad ke-9. Menurut sejarah, candi cantik yang ada di Prambanan tersebut dibangun pertama kali atas perintah Sri Maharaja Rakai Pikatan karena pada masa itu, Rakai Pikatan menjadi penguasa Dinasti Syailendra. Sebuah candi yang berdiri kokoh di tanah Prambanan merupakan sebuah candi tercantik diantara beberapa candi yang ada didaerah Jawa seperti candi Plaosan, candi Pawon, Candi sambisari, candi Kalasan, Candi boko dan candi lainnya yang berjarak tidak jauh dari Candi megah nan indah yaitu Prambanan. Keindahan dan kemegahan yang dimilikinya menjadikan Candi Prambanan sebagai objek wisata terbaik didaerah Yogyakarta.

Legenda Candi Prambanan

Selain memiliki pemandangan yang indah, Candi Prambanan juga memiliki legenda atau asal usul yang sangat menarik. Legenda Candi prambanan ini berhubungan dengan Kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowosao yang terkenal itu. Bahkan kalau tidak salah Cerita Roro Jonggrang ini pernah di filmkan oleh produser film Indonesia. Cerita asal usul Candi Prambanan ini bermula dari penyerangan Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging ke Keraton Boko. Keraton Boko ini letaknya terdapat di sebuah bukit tak jauh dari Candi Prambanan saat ini. Bandung Bondowoso berhasil masuk ke Keraton Boko dan membunuh Raja Boko. Setelah berhasi menguaai Keraton Boko, Bandung Bondowoso baru mengetahui kalau ternyata di Keraton Boko memiliki seorang Putri Cantik bernama Roro Jonggrang. Kisah lain ada juga yang menyebut Loro Jonggrang. Bandung Bondowoso berniat memperistri Roro Jonggrang dan menjadikannya permaisuri. Namun Roro Jonggrang menolak karena Bandung Bondowoso adalah orang yang membunuh ayahnya sendiri. Penolakan Roro Jonggrang ini tentunya tidak langsung diungkapkan kepada Bandng Bondowoso. Roro Jongggrang tau bahwa Bandung Bondowoso adalah orang sakti. Jika tahu kalau Roro Jonggrang menolak cintanya maka pastinya Bandung Bondowoso akan marah dan dapat membunuhnya. Roro Jonggrang kemudian memberikan syarat kepada Bandung Bondowoso apabila ingin memperistrinya. Syarat yang diajukan Roro Jonggrang adalah minta dibuatkan seribu candi dalam waktu satu malam. Sebenarnya Syarat itu hanyalah cara untuk emnolak bandung Bondowoso, karena menurut Roro Jonggrang, mustahil Bandung Bondowoso akan mewujudkan keinginannya itu. Namun tak disangka ternyata Bandung Bondowoso menyanggupinya. Dengan bantuan pasukan jin, Bandung Bondowoso mulai membangun seribu candi seperti yang diinginkan Roro Jonggrang. Pasukan jin ini bekerja sangat cepat sehingga dalam waktu tak sampai semalam seribu candi sudah hampir selesai. Melihat ini Roro Jonggrang berpikir keras bagaimana menggagalkan usaha Bandung Bondowoso. Akhirnya Roro Jonggrang meminta dayang istana untuk memukul lesung dan membakar jerami agar pasukan jin Bandung Bondowoso mengira waktu sudah pagi. Akhirnya pasukan Jin Bandung Bondowoso lari karena menganggap pagi sudah tiba. Bandung Bondowoso yang merasa ditipu Roro Jonggrang kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah arca. Arca ini sekaligus sebagai Candi ke seribu seperti yang diminta Roro Jonggrang. Sampai saat ini Candi Prambanan yang paling besar dinamakan dengan Candi Roro Jonggrang.

Candi Prambanan Yogyakarta Senja

Tentang Candi Prambanan dan Keindahannya

Keindahan Candi Prambanan yang dianggap sebagai tempat acara pemujaan dan acara keagamaan lainnya tak pernah pudar dari sejak pertama dibangun hingga saat ini. Sehingga banyak wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara berdatangan untuk mengenal candi lebih dekat. Letaknya yang dekat dengan beberapa objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta membuat para wisatawan tak mau melewatkan kunjungan ke Prambanan, karena banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke candi didaerah Prambanan seperti mengenal cerita serta budaya agama hindu, mengenal berbagai macam seni, hunting foto, menjelajahi komplek sekitaran candi, berburu souvenir khas candi prambanan dan lain sebagainya.
Candi Prambanan sebagai objek wisata terbaik menyuguhkan arsitektur bangunan berpostur tinggi dengan menjadikan candi Siwa sebagai candi utama yang memiliki ketinggian hingga 47 meter berada ditengah kompleks gugusan candi-candi berukuran kecil. Wisata Jogja Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama pada halaman utama yaitu candi Wisnu, candi Brahma dan candi Siwa yang mana ketiga lambang candi merupakan lambang Trimurti didalam kepercayaan umat Hindu.

Satu-satunya wisata budaya terbaik adalah candi Prambanan karena candi tersebut memberikan beragam pengetahuan budaya ummat Hindu yang tergambar dari bentuk bangunan atau relief dan arcanya. Candi siwa merupakan candi paling tinggi yang didalamnya terdapat empat buah ruangan yaitu satu ruangan utama berisi arca siwa dan tiga ruangan lainnya berisi arca Agastya (guru siwa), Durga (istri siwa), dan Ganesha (putra siwa). Didalam cerita rakyat, Arca Durga itulah yang disebut sebagai arca Roro jonggrang. Sebagai peninggalan sejarah, wisata Sleman candi Prambanan tak pernah kekurangan wisatawan walaupun stupa candi ada yang sedikit roboh yang diakibatkan oleh guncangan gempa yang sering melanda daerah Yogyakarta. Selain itu, candi yang berdiri tegak menjulang tinggi tersebut merupakan kawasan wisata menarik dengan letak yang cukup strategis dan mempunyai nilai sejarah serta budaya tinggi. Bangunan candi yang pernah mengalami goresan juga sudah mengalami perbaikan supaya penampilan candi tetap terlihat cantik menggoda.

Candi Prambanan Yogyakarta Malam Hari

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Bagi anda yang ingin memasuki sebuah candi yang ada di Prambanan tersebut, tentu saja harus mengetahui waktu berkunjung dan harga tiket masuknya. Adapun jam berkunjung obyek wisata Candi Prambanan dibuka pada pukul 06.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiket masuk ke Candi tersebut adalah Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp. 12.500 untuk anak-anak. Sedangkan harga tiket masuk untuk wisatawan asing adalah dewasa Rp. 171.000 dan anak-anak Rp. 85.000. Anda dapat menghabiskan waktu selama satu jam perjalanan untuk bisa sampai ke tempat wisata yang sangat terkenal ini dari arah Jogja. Namun, jika anda menggunakan kendaraan roda dua maka besar kemungkinan anda bisa sampai lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan roda empat seperti mobil, transjogja dan lainnya.

Fasilitas Wisata Candi Prambanan

Hal menyenangkan pastinya dapat dilakukan di wisata candi Prambanan karena disana anda akan disuguhkan dengan beberapa fasilitas seperti museum arkeologi, kereta taman, restoran, sepeda, pusat informasi, area bermain, audio visual, hotel, warnet, musholla dan toko cindramata. Tersedianya beberapa fasilitas di tempat wisata terbaik yaitu candi prambanan adalah untuk membuat para wisatawan merasa nyaman. Sehingga kenyamanan yang dirasakan oleh semua wisatawan akan sebanding dengan harga tiket masuk yang ditawarkan oleh pengelola candi di Prambanan.

Didalam kawasan candi terdapat sebuah museum yang wajib dikunjungi karena di museum tersebut tersimpan berbagai penemuan benda-benda bersejarah berupa arca seperti arca lembu nandi, resi agastya, wisnu, garuda, siwa, durga mahisasuramardini dan batu-batu candi yang ditemukan di sekitaran candi termasuk juga batu lingga siwa yang dijadikan sebagai lambang kesuburan. Adapun letak museumnya yaitu pada sisi utara tempat wisata candi Prambanan. Supaya anda bisa mendapatkan informasi seputar candi lebih detail, maka sebaiknya anda meminta bantuan pemandu untuk menjelaskan kepada anda terkait bangunan candi tersebut.

Baca Juga :
12 Tempat wisata di Yogyakarta Paling Bagus Untuk Liburan
15 Tempat Wisata di Sleman Paling Rekomended

Demikian tadi informasi tentang Candi Prambanan Yang Indah dengan Kisah Legenda Yang Menarik. Selain Candi Prambanan ini masih ada banyak candilain yang dapat anda kunjungi di Yogyakarta.

Artikel ini berhubungan dengan :

candi prambanan,PRAMBANAN
loading...