Candi Ratu Boko Yogyakarta, Keraton Megah Diatas Bukit

loading...

Candi Ratu Boko Yogyakarta, Keraton Megah Diatas Bukit, Wisata Yogyakarta – Indonesia adalah negara yang kaya dengan candi. Candi yang paling penting untuk diketahui selain candi prambanan, candi Borobudur, candi sewu, candi Plaosan, candi sambisari dan candi lainnya adalah candi boko atau candi ratu Boko yang dijadikan sebagai sebuah istana. Oleh karena itu ada juga yang menyebutnya dengan Istana Ratu Boko. Keraton atau Istana Ratu Boko merupakan peninggalan sejarah berupa reruntuhan bangunan menyerupai sebuah candi yang berdiri di desa Dawung dan desa Sambireja. Candi Boko diyakini sebagai sebuah istana kerajaan mataram Hindu yang memiliki luas area istana sekitar 250.000 m2 berada diatas bukit. Area candi terbagi menjadi empat yaitu tengah, tenggara, timur, dan barat. Jika anda mengunjungi candi ratu boko, maka anda hanya akan menemukan puing bekas reruntuhan bangunan. Meskipun hanya tinggal sisa reruntuhan, namun anda perlu mengetahui tentang sejarah dari bangunan candi Boko tersebut. Selain itu, panorama alam yang disuguhkan begitu indah sehingga tak boleh anda lewatkan jika berlibur di Jogja.

Candi Ratu Boko Sleman Yogyakarta

Sejarah Candi Ratu Boko Yogyakarta

Bangunan Istana Boko adalah salah satu bangunan istana atau sisa peninggalan kerajaan Mataram kuno yang dibangun sekitar abad ke-8. Istana Ratu Boko, istana termegah di Yogyakarta dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran yang merupakan salah satu keturunan dari Syailendra. Istana ratu boko dulunya bernama Abhayagiri Vihara, didirikan sebagai tempat menyepi atau fokus pada kehidupan spiritual untuk dapat merasakan kedamaian. Selain kedamaian, anda akan disuguhkan dengan pemandangan kota Jogja dan kecantikan candi Prambanan yang berlatar gunung Merapi. Sebuah istana kedamaian tersebut berada pada 196 m diatas permukaan laut. Setiap orang yang menginjakkan kaki di istana bukit tersebut pasti akan merasa terkagum dengan segala pemandangan yang ada disana.

Pemandangan Candi Ratu Boko Yogyakarta

Para pengunjung yang datang di istana ratu boko akan disambut oleh gerbang utamanya dan didalamnya akan disuguhi dengan candi pembakaran dan sumur suci. Candi pembakaran tersebut dibuat dengan batu andesit dengan panjang 22,60 m dan lebar 22,33 m serta tinggi 3,82 m. Adapun sumur suci memiliki ukuran 2,30 x 1,80 m dengan kedalaman air hingga 2 meter pada musim kering. Orang-orang terdahulu menggunakan Air sumur suci untuk upacara keagamaan dan air tersebut dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi penggunanya.

Tak hanya itu, didalam candi ratu boko sebagai istana megah juga tersedia Paseban yang merupakan ruangan tunggu bagi setiap orang yang akan menemui sang raja pada masa itu. Ada juga sebuah pendopo yang memiliki pagar dengan panjang 40,80 m dan lebar 33,90 m serta tinggi 3,45 m. Kompleks kolam yang ada didalamnya terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan bagian selatan yang dipisahkan oleh dinding penyekat. Banyak keindahan yang bakal didapat dengan berwisata sejarah di salah satu candi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya di candi ratu boko yang terkenal dengan istana ratu boko.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Ratu Boko Yogyakarta

Untuk masuk ke dalam istana ratu boko, anda harus membeli tiket masuknya. Adapun tiket masuk untuk anak-anak adalah 10.000 rupiah, sedangkan harga tiket masuk untuk orang dewasa adalah 25.000 rupiah. Adapun jam berkunjung di candi boko adalah setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Berada di kawasan ratu boko, anda tak perlu khawatir akan fasilitasnya karena disana anda dapat menikmati berbagai fasilitas di kawasan candi Boko seperti Ratu boko Resto,Toko Souvenir, Pusat Informasi dan lain-lain.

Tips Wisata Candi Ratu Boko Yogyakarta

Salah satu alasan mengapa harus berkunjung ke istana ratu boko adalah karena tempatnya terkenal dengan pemandangan memukau terutama ketika anda menyaksikan matahari yang tenggelam secara perlahan. Nah, bagi anda yang suka wisata sejarah seperti berwisata di candi Boko, diperlukan beberapa tips. Adapun tips liburan ke candi megah ratu boko yaitu pertama, anda sebaiknya datang pada pagi atau sore hari sebab pada siang hari cuaca sangat panas. Cuaca panas pastinya dapat mengganggu kenyamanan berlibur di objek wisata. Kedua, berhubung kawasan candi boko menyuguhkan sunset, maka sebaiknya anda datang pada sore hari supaya anda tak tertinggal melihat keindahan sunset yang mewarnai alam sekitaran candi boko dengan warna orange dan Anda jangan sampai lupa membawa kamera untuk berfoto-foto. Ketiga, anda dapat memilih fasilitas berupa penginapan di tempat yang dekat dengan lokasi Istana Boko. Keempat, Anda dapat mengajak teman atau kerabat untuk belajar tentang sejarah candi untuk menambah keilmuan dibidang Sejarah.

Hotel di Sekitar Candi Ratu Boko Yogyakarta

Adapun hotel yang dapat digunakan sebagai tempat penginapan dan peristirahatan ketika liburan di Jogja sangat banyak, apalagi penginapan yang dekat dengan Istana ratu boko adalah Plaza Andrawina yang mana tempat tersebut juga berfungsi sebagai restoran yang lengkap dengan musholla dan toilet. Dri Plaza tersebut, anda dapat menikmati lampu kota daerah prambanan dari atas ketinggian yang terlihat seperti bintang bersinar di malam hari.

Candi Ratu Boko Yogyakarta

Lokasi Wisata Candi Ratu Boko Yogyakarta

Letak Candi Ratu Boko adalah di Bukit Boko di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata yang berdekatan dengan Candi Ratu Boko Yogyakarta adalah Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Kalasan dll.

Baca Juga :

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sleman yang Paling Bagus

12 tempat Wisata di Yogyakarta Pilihan Wisatawan

Demikian tadi sedikit review tentang wisata Candi Ratu Boko Yogyakarta yang sangat megah. Berwisata ke tempat wisata candi selain dapat menikmati keindahan karya seni yang luar biasa indah juga dapat mengenal sejarah bangsa kita di masa lalu.

Artikel ini berhubungan dengan :

candi ratu boko,candi boko,candi ratu boko bokoharjo kabupaten sleman daerah istimewa yogyakarta,Ratu Boko Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta
loading...