Menelusur Rahasia Candi Sambisari

Wisata Yogyakarta – Candi Sambisari, memang unik candi yang satu ini. Kenapa disebut unik? Karena banyak orang yang bilang kalau ini adalah candi bawah tanah. Memang diatasnya tidak ada tanah yang menutupi juga jalan masuk ke candi sambisari tidak masuk ke dalam tanah, candi sambisari disebut sebagai candi bawah tanah karena keadaannya yang ditemukan terkubur dalam tanah dan ketinggiannya kini tidaklah lebih tinggi dari tanah disampingnya.

Awal mula ditemukan candi ini pun tidak sangaja, bermula dari seorang warga yang sedang menggarap tanah dengan cara mencangkul tanah tapi tiba-tiba cangkulnya terbentur sesuatu. Benturan cangkul tersebut tidak lain adalah membentur batu candi yang berukiran. Penemuan tersebut terjadi pada tahun 1966. Letak candi yang sekitar 6,5 meter dibawah tanah diperkirakan tertimbun tanah karena letusan gunung berapi bertahun-tahun lalu.

Menelisik Sejarah Candi Sambisari

Candi Sambisari mempunyai sejarah panjang bersama Kerajaan Mataram kuno. Candi Sambisari merupakan salah satu candi Hindu di Indonesia. Pada saat penggalian candi sambisari, para penggali pun menemukan bonus penggalian berupa benda-benda bersejarah lainnya, benda itu berupa perhiasan, tembikar, prasasti lempengan emas. Dan para ahli menperkirakan candi sambisari 812-838 M saat pemerintahan Raja Rakai Garung dari Kerajaan Mataram Hindu atau biasa disebut dengan Mataram Kuno. Berdekatan dengan kompleks candi lainnya yaitu candi Prambanan, para pengunjung asing dan domestik pun silih berganti mengunjungi kompleks candi ini.

Candi Sambisari Yogyakarta

Terdapat sebuah candi induk dan tiga candi perwara, dan juga ada beberapa patung yang ada. Dihadapan ketiga candi dari Dewa Trimurti itu terdapat tiga buah candi yang berisi wahana (kendaraan) ketiga dewa.

Akses Candi Sambisari

Candi sambisari terletak di desa Sambisari, Kel. Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi candi sambisari, dari arah kota Yogyakarta anda tinggal menyusuri jalan Solo, beberapa meter sebelum gapura Garuda AAU ambil jalan ke kiri, lurus sampai ke Candi Sambisari. Sekitar 2 km dari jalan Solo.

Tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta, anda bisa menggunakan mobil atau motor pribadi anda untuk mencapainya. Candi Sambisari memang mempunyai pohon-pohon yang rindang sehingga anda bisa ‘ngadem’ saat cuaca panas. Tiket masuk kompleks candi sambisari adalah Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak, akan sangat menyenangkan jika anda mengajak keluarga anda ke tempat wisata candi sambisari.

Artikel ini berhubungan dengan :

mitos candi sambisari,sejarah candi sambisari,asal usul candi sambisari,asal mula candi sambi sari,asal muasal candi sambisari,peninggalan mataram kuno candi sambisari,misteri candi sari,letak dan mitos candi sambi sari,legenda candi sambisari,kisah candi sambisari