Wisata Candi Sambisari Sleman Yogyakarta Dengan Pemandangan Yang Indah

loading...

Wisata Candi Sambisari Sleman Yogyakarta Dengan Pemandangan Yang Indah, Wisata Yogyakarta –  Bagi anda yang sedang liburan atau sedang menimba ilmu di kota Jogja, maka anda harus meluangkan sedikit waktu anda untuk menghilangkan kepenatan dengan cara mengunjungi candi sambisari yang menyuguhkan keindahan taman bertuliskan sambisari. Kesejukan tercipta lewat pepohonan dan taman hijau yang ada disekitar candi. Disana Anda dapat mengambil gambar candi, berfoto-foto ditaman hijau berpemandangan indah dan luas, dijamin anda gak bakalan menyesel memasuki sebuah candi mungil yang ada di Kalasan yang letaknya dekat dengan stadiun Maguwoharjo. Menurut Sejarah Candi Sambisari, Candi yang ada di wilayah Kalasan ini dibangun pada awal abad ke-9 pada masa kerajaan Rakai Garung.

Lokasi Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Candi sambisari merupakan salah satu Candi Hindu yang berada di dusun Sambisari, desa Purwomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi Sambisari di Sleman Yogyakarta ini berdekatan dengan Candi Kalasan, Candi Ratu Boko, Candi Prambanan dan juga Candi Ijo. Kesemuanya berada di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Wisata Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Wisata Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Pemandangan Indah di Candi Sambisari

Candi sambisari atau yang biasa disebut dengan kuil bawah tanah merupakan sebuah candi mungil berpemandangan indah dan menyejukkan hati para pengunjungnya terutama pada pagi atau sore hari. Pemandangan langit yang menghiasi candi pada pagi atau sore hari begitu cantik sehingga anda jangan sampai melewatkan keindahannya. Kunjungan ke candi di sambisari ini paling seru dan paling mengasyikkan ketika pada pagi dan sore hari karena jika kunjungan dilakukan pada siang hari anda akan merasa kepanasan sehingga anda tidak akan betah berlama-lama di kawasan candi. Meskipun kunjungan ke candi di sambisari sangat singkat pada pagi atau sore hari, namun pemandangan indah dapat memuaskan anda sebagai pengunjungnya.

Adanya Pemandangan indah disertai segarnya alam di candi sambisari mampu menjadikan pikiran terasa lebih fresh dan semua penyakit galau dapat dilenyapkan dengan melakukan beberapa hal yang menyenangkan di sekitar kawasan candi. Candi sambisari dijadikan sebagai salah satu tempat wisata didaerah Jogja, namun belum banyak diketahui oleh wisatawan yang berwisata didaerah Jogja sebab bangunan candi berada dibawah permukaan tanah. Sehingga untuk mengetahui bentuk candi tersebut anda harus turun ke bawah.

Kompleks bangunan candi Sambisari dikelilingi oleh dua pagar yaitu di halaman luar dan halaman dalam. Pada halaman luar berpagar batu rendah seluas 50 x 48 m, sedangkan pada halaman dalam berpagar batu setinggi 2 meter dengan ketebalan 50 cm. Candi yang ada di Sambisari tersebut terdiri dari satu candi utama dan tiga candi pewara / pendamping. Pada sisi dinding luar tubuh sebuah candi anda akan menemukan relung yang berisi arca, di bagian dinding selatan ada arca Agastya atau Siwa Mahaguru, di sebelah timur ada Arca Ganesha, dan disebelah utara ada Arca Durga Mahisasuramardini.

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Memasuki kawasan objek wisata manapun pasti ada retribusi buat masuknya dan di Candi sambisari juga berlaku demikian, namun tiket masuk ke kawasan candi tersebut merupakan tiket masuk paling murah diantara seluruh objek wisata yang ada didaerah istimewa Yogyakarta. Untuk orang dewasa harga tiket masuknya Rp. 2.000 dan untuk anak-anak hanya Rp.1.000 saja. Dari harga tiket masuk yang sangat murah, anda sudah dapat menikmati pemandangan indah dan sejuk di candi sambisari. Namun, anda harus mengetahui jam berkunjungnya. Candi yang diberi nama sambisari karena berada di dusun sambisari tersebut mulai buka pada jam 09.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB. Adapun yang menjadi daya tarik candi sambisari adalah karena berada dibawah permukaan tanah hingga 6,5 meter, Terdapat patung Lingga dan patung Yoni dengan ukuran besar pada sebuah bilik didalam candi, Bangunan candi tidak memiliki pilar penyangga yang membuat bagian dasar sekaligus berfungsi sebagai pilar penyangga.

Rute Menuju Wisata Candi Sambisari

Adapun rute menuju ke candi sambisari dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika anda menggunakan angkutan umum, maka anda harus mengambil jurusan Jogja-solo dari janti dan berhenti di kilometer 10 yang terdapat sebuah plang/penunjuk arah dan dari sana anda dapat menggunakan ojek karena perjalanan ke candi mungil berpemandangan keren tersebut hanya 2 km. Sedangkan untuk kendaraan pribadi dari arah jogja menuju ke jalan raya jogja-solo atau bisa juga melewati jalan menuju kampus UNRIYO II yang berada di daerah Maguwoharjo karena letak candi tersebut berada di sebelah timur wilayah Maguwoharjo. Kalau dari arah Candi Prambanan, jarak ke candi sambisari adalah sekitar 5 km ke sebelah barat.

Baca Juga :
15 Obyek Wisata Pilihan di Kabupaten Sleman Yogyakarta
12 Wisata Yogyakarta Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Saat ini Candi sambisari sudah mampu memikat hati banyak wisatawan yang sedang menghabiskan liburan didaerah Yogyakarta yang memiliki sejuta objek wisata menarik, sebab candi di sambisari menyediakan beberapa fasilitas dan fasilitas yang wajib ada adalah ruang informasi. Kebersihan lingkungan sekitar candi tetap terjaga dengan baik, sehingga anda sebagai pengunjung juga harus ikut menjaga kebersihan candi dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat. Dengan demikian, pemandangan indah dan bersih candi sambisari dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Demikian tadi informasi tentang Wisata Candi Sambisari Sleman Yogyakarta Dengan Pemandangan Yang Indah semoga membantu anda.

Artikel ini berhubungan dengan :

candi sambisari,potensi pada candi sambisari yogykarta
loading...