Buat Sendiri Gerabah Anda di Kasongan

Wisata-Yogyakarta – Gerabah Kasongan. Bila kita mendengar kata kasongan pasti langsung terbesit kerajinan gerabah dalam pikiran kita. memang benar desa kasongan adalah desa yang wisata kerajinan gerabah. Membahas desa kasongan ini kita akan melihat lebih dekat pembuatan kerajinan keramik yang telah diwariskan turun-temurun sambil memburu koleksi-koleksi indah hasil keahlian tangan.

Sejarah Kasongan

Dahulu, pada saat Belanda masih menjajah, di salah satu daerah selatan Yogyakarta pernah terjadi peristiwa yang mengejutkan bahkan membuat takut warga setempat dengan ditemukannya seekor kuda milik Reserse Belanda yang mati di atas tanah sawah milik seorang warga didesa itu. Karena takut akan hukuman atasnya, warga tersebut melepaskan hak akan tanahnya dengan tidak mengakui tanahnya lagi. Hal ini pun diikuti oleh warga lainnya. Tanah yang telah dilepas ini pun akhirnya diakui oleh penduduk desa lain. Warga desa tersebut pun tidak mempunyai sawah untuk digarap lagi, sehingga mereka memilih menjadi pengrajin keramik untuk dijadikan mainan atau perabot rumah tangga hingga kini. Hal ini pun diakui oleh warga tersebut dewasa ini.

Daerah itulah yang kemudian kita kenal dengan nama Kasongan hingga saat ini. Sebuah desa di Padukuhan Kajen yang terletak di daerah selatan Yogyakarta bertanah gamping. Tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta.

desa wisata kasongan yogyakarta

Desa Wisata Kasongan Yogyakarta

Jika anda ingin mengunjungi Desa Wisata Kasongan Yogyakarta, anda dapat melalui jalan Bantul dengan mengarah ke selatan. Maka yang pertama anda lihat adalah sebuah gapura merah yang sangat besar bertuliskan “Desa Wisata Kasongan” di sebelah kanan jalan. Di masing-masing kaki gapura terdapat patung kuda raksasa, yang satu menghadap selatan satunya lagi menghadap utara. Anggap saja kedua patung ini adalah patung selamat datang yang menyambut anda dengan ramah.

Saat berkunjung ke desa Kasongan, wisatawan akan disambut dengan hangat oleh penduduk setempat. Anda dapat sekedar melihat-lihat ruang pajang atau ruang pamer yang dipenuhi berbagai hasil kerajinan keramik. Dan jika anda tertarik melihat pembuatan keramik, anda dapat mengunjungi beberapa galeri keramik yang memproduksi langsung kerajinan khas itu di tempat. Di sini anda juga dapat menikmati proses pengerjaan kerajinan gerabah mulai dari penggilingan, pembentukan, penjemuran, hingga proses pembakaran dan diakhiri dengan pengecatan. Berbagai jenis pot, perabot rumah tangga, dan berbagai patung menghiasi rumah-rumah produksi di desa ini.  Satu lagi yang sangat unik di desa wisata kasongan adalah anda dapat membuat kerajinan keramik anda sendiri.

Kasongan berada di pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul. Terletak 7 km dari pusat kota. Tidak sulit untuk mengunjunginya, cukup anda susuri jalan Bantul. Anda bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika anda sedang menikmati wisata di Yogyakarta, maka tidak salah jika anda mengunjungi desa wisata kasongan. Anda akan dibuat puas oleh sajian-sajian kerajinan keramik khas Kasongan Yogyakarta. Desa wisata kasongan sangat kami rekomendasikan untuk anda kunjungi.