Menelusuri Gua Rancang Kencono Yogyakarta

loading...

Sudah pernah mendengar tentang Gua Rancang Kencono? Gua ini memang begitu sarat dengan cerita-cerita masa lampau hingga zaman Kerajaan Mataram. Daerah Gunung Kidul merupakan daerah yang begitu unik karena termasuk dalam kawasan khas pegunungan sewu. Terdapat permukaan krast atau eksokrast yang membentuk bukit dan dibawah permukaan atau endokrast. Hal tersebut memungkinkan kawasan tersebut dapat membentuk sungai bawah tanah, lembah hingga gua. Gua Rancang Kencono adalah salah satu gua unik tersebut. Gua ini sangat lekat dengan perjuangan melawan penjajah.

Lokasi Gua Rancang Kencono

Lokasi Gua Rancang Kencono terdapat di padukuhan Menggoran II, Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi Gua Rancang Kencono dengan kendaraan pribadi karena angkutan umum yang sampai ke lokasi tersebut memang tidak ada. Angkutan umum hanya sampai kecamatan Playen saja.

Jalan yang dilewati memang sudah beraspal halus. Namun bila mendekati lokasi Gua Rancang Kencono, jalan kian terjal berupa tanah dan batu kapur. Disarankan membawa kendaraan roda dua saja kalau melewati jalan ini.

Sekilas di Gua Rancang Kencono

Untuk masuk ke Gua Rancang kencono, wisatawan cukup menuruni tangga batu yang ada, sebagai catatan tangga batu tersebut sudah ada sejak zaman dahulu. Lubang besar pada atap gua seakan menjadi dekorasi alam yang eksotis nan menarik. Ada juga pohon Klumpit yang tumbuh menembus lubang tersebut.

Didalam gua anda bisa menikmati dekorasi stalaktit yang menghiasi langit-langit gua seperti pada umumnya. Ini akan menambah kesan eksotis gua tersebut. Hmm, serasa berada di waktu lampau ya. Ada sebuah ruangan kecil yang gelap, untuk memasukinya anda harus berjalan merunduk melewati celah kecil. Diruang tersebut ada bendera merah putih dan kata-kata penyemangat untuk menyemangati pejuang terdahulu.

Gua Rancang Kencono sebenarnya sebuah tempat wisata yang sudah terintegrasi dengan wisata air terjun Sri Gethuk (Ulasan mengenai Air Terjun Sri Gethuk ada di Link ini) karena memang lokasi mereka berdekatan, biaya masuknya sangatlah murah tidak sampai Rp 5.000 anda sudah bisa menikmati wisata ini. Bagaimana dengan anda, tertarik mengunjungi gua Rancang Kencono dan Air terjun Sri Gethuk?

loading...