Menelusuri Keindahan Goa Cermai

Wisata-Yogyakarta – Goa Cermai. Tidak ada habisnya berbicara tentang keindahan alam di Yogyakarta, salah satu keindahan alam yang tertangkap kali ini adalah wisata alam goa cermai di kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Goa cermai adalah salah satu goa yang paling indah, tidak kalah dengan saudara mudanya di Gunung Kidul, goa pindul dan goa kalisuci.

Goa Cerme ini berada di Dusun Srunggo, Deso Selopawiro, Kecamatan Imogiri, atau 20 km ke arah selatan dari pusat kota Yogyakarta.
Goa ini, konon dulunya dipakai oleh Walisongo sebagai tempat tafakur dan musyawarah menyusun strategi dakwah pengajaran agama Islam di Jawa. Dan menurut cerita yang lain lagi konon nama goa cermai ini berasal dari kata ‘arame’ yang berarti ceramah.

Menelusuri Goa Cermai

Mari kita berpetualang ke dalam goa cermai. Nah, sebelum memasuki gua anda akan melewati mulut gua dengan diameter sekitar 5 meter dan kemudian menyusuri tangga turun kebawah. Pemandu wisata siap menemani petualangan anda melelusuri goa yang menakjubkan ini, pemandu wisata akan mengarahkan perjalanan anda sehingga anda tidak tersesat didalam goa karena goa ini memang mempunyai banyak cabang dan juga termasuk goa yang panjang, lintasan gua ini selalu dipenuhi  air dengan dengan permukaan gua yang tidak rata serta ketinggian air yang bervariasi dan ada jalan yang memungkinkan untuk dilalui dengan menunduk.

Di dalam goa cermai, anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indahnya, mulai stalagtit dan stalagmitnya mencerminkan ukiran ilahi yang mempesona dan terbentuk selama ratusan tahun yang lalu. Pandangan mata anda juga akan terpuaskan dengan suguhan air terjun kecil yang ada didalam goa cermai ini. Wah, menakjubkan sekali bukan? Terobati sudah setelah lelah perjalanan yang dilalui untuk mencapai tempat ini. Stalagmit dan stalagtit yang indah, juga air terjun yang menakjubkan memang memuaskan dahaga kita akan keindahan alam.

Bagi wisatawan yang ingin masuk goa cermai diwajibkan untuk menggunakan helm yang telah dilengkapi lampu senter. Untuk mengantisipasi tersesat di dalam goa dan dalam keadaan yang gelap gulita. Untuk mencapai gerbang depan goa, wisatawan harus mendaki tangga setinggi 759 meter.

pesona goa cermai

Akses ke Goa Cermai

Anda bisa menggunakan bus jurusan Parangtritis untuk ke goa cermai kemudian turun di Terminal Parangtritis atau jembatan Kretek sebelum pintu gerbang Parangtritis. Setelah itu anda bisa menggunakan bus jurusan Tepus atau Imogiri. Sayangnya, angkutan tidak bisa langsung menuju lokasi, begitu turun dari bus ganti ojek menuju lokasi dan minta antar langsung ke mulut goa. Anda pun juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil pribadi.Anda bisa mengajak keluarga anda untuk berwisata ko Goa ini, tiket masuknya pun cukup murah hanya dengan membayar Rp3500,00 per orang. Kenangan indah bersama keluarga setelah mengunjungi goa cermai akan mempererat keharmonisan keluarga.

Artikel ini berhubungan dengan :

gua cermai,pesona goa jomblang