Menguak Misteri Goa Selarong

loading...

KlikPintar – Goa Selarong. Daerah Istimewa Yogyakarta memang banyak menyimpan pesona wisata yang tersembunyi, goa-goa pun bertebaran di Propinsi ini. Diantara goa-goa di yogya lainnya, goa selarong inilah yang mempunyai sisi sejarah yang panjang dan juga mempunyai sisi wisata yang baik pula. Goa selarong terletak di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari Kecamatan Pajangan, Bantul, sekitar 14 km arah selatan Kota Yogyakarta. Akses jalan ke goa selarong ini sudah sangat baik.

Goa selarong memang mempunyai sisi historis yang tinggi karena peranannya di zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia, goa selarong memiliki keterkaitan dengan tokoh pahlawan yang sangat terkenal di masa kemerdekaan Indonesia, siapa lagi kalau bukan pangeran diponegoro. Mari kita telusuri lebih lanjut sisi historis dan wisata yang dipadukan menjadi satu.

Sisi Historis Goa Selarong

Banyak sekali perang perjuangan kemerdekaan yang terjadi sebelum Indonesia merdeka, salah satu perang melawan penjajah adalah perang Diponegoro yang berlangsung tahun 1825 – 1830 atau selama lima tahun perang. Pangeran Diponegoro yang juga putera Sri Sultan Hamengkubuwono III ini memilih goa selarong untuk membuat strategi melawan belanda sang penjajah. Tegalrejo adalah daerah tempat tinggal Pangeran Diponegoro, tapi beliau lebih memilih untuk mengasingkan diri di Goa Selarong ketika Belanda menapakkan kaki dan mengusik kehidupan tempat tinggalnya.

Pangeran Diponegoro mulai menggerakkan perang melawan belanda dengan dibantu oleh para bangsawan keraton. Setelah lama perang berkecamuk akhirnya tempat persembunyian pangeran Diponegoro diketahui oleh Belanda, dan Pangeran Diponegoro pun diasingka di Manado. Walaupun begitu goa di perbukitan kapur ini tetap mempunyai nilai-nilai historis dan karisma tersendiri di mata Wisatawan.

Wisata Goa Selarong

Gua Selarong terletak di deretan pegunungan kapur yang sejuk karena ditumbuhi oleh pepohonan rindang. Dalam kompleks wisata Gua selarong ini terdapat sejumlah obyek wisata yang bisa Anda nikmati. Begitu masuk area goa selarong anda akan disambut oleh patung Pangeran Diponegoro, goa selarong berada di atas bukit kapur. Anda bisa mendakinya dengan menapaki tangga satu persatu sampai atas dengan sembari menikmati rindangnya pepohonan yang penuh dengan oksigen segar. Anda akan menemukan dua buah gua kecil di sebelah kanan dan kiri tangga. Gua yang berada di sebelah kanan tangga bernama Gua Putri yang merupakan tempat istirahat Raden Ayu Ratnaningsih istri pangeran Diponegoro, dan goa sebelah kanan adalan goa kakung yang berarti laki-laki goa ini merupakan tempat istirahat pangeran Diponegoro.

Selain itu ada pula air terjun kecil yang berada di sebelah barat goa. Air terjun kecil tersebut mempunyai tinggi sekitar 15 meter. Air terjun ini menambah sensasi eksotis tempat wisata goa selarong. Adanya pendopo juga melengkapi fasilitas menikmati indahnya suasana goa selarong.

Ada juga mata air Sendang Manik Moyo disebelah selatan air terjun kecil, mata air ini dipercaya merupakan tempat mandi pangeran Diponegoro kala itu. Tak jauh dari itu pun ada Sendang Umbul Mulyo yang digunakan untuk mencuci. Di sisi lain juga terdapat obyek Gedogan yaitu kandang kuda milik Pangeran Diponegoro, Banjaran sebagai tempat upacara para pejuang dan Mancasan yang pernah dijadikan tempat mengeksekusi pengikut Pangeran Diponegoro yang dianggap berkhianat.

Disana pun juga terdapat arena bermain anak-anak seperti ayunan dan wahana lain. Untuk masuk obyek wisata Goa Selarong anda cukup merogoh kocek Rp 2.000 saja, cukup murah bukan. Nah, akan lebih menyenangkan jika anda mengajak keluarga anda bertamasya ke Goa Selarong.

Artikel ini berhubungan dengan :

asal usul goa selarong,sejarah goa selarong,misteri goa selarong,gua selarong,asal mula goa selarong,sejarah gua selarong,guo selarong,gambar gua selarong,daerah Goa Selarong,cerita rakyat goa selarong
loading...