Menikmati Akhir Pekan di Goa Kalisuci

Menikmati Akhir Pekan di Goa Kalisuci | Rating: 4.8 from 9 user Reviews | Reviewed by Tim Wisata Yogya | | Rating: 4.8

Wisata Yogyakarta – Menikmati Akhir Pekan di Goa Kalisuci. Eksotisme caving di kabupaten Gunungkidul tidak perlu diragukan kedahsyatannya lagi. Setelah Gua Pindul, saat ini ada lagi sebuah obyek wisata baru caving Goa Kalisuci di Semanu, Wonosari, Gunung Kidul yang siap memberi tantangan dan adrenalin baru.

Goa Kalisuci Tidak Kalah Dengan Goa Pindul

Di Gunungkidul, kini ada wisata gua yang menjadi nge-tren yaitu Gua Kalisuci yang letaknya di sebelah selatan Kota Wonosari. Wisata Goa Kalisuci ini tidak kalah dengan Goa Pindul. Untuk mencapai tempat wisata caving Kalisuci, Anda bisa menggunakan motor atau mobil pribadi karena disana belum tersedia angkutan umum. Dari pusat Kota Yogyakarta Anda bisa melewati Kota Wonosari kemudian menuju arah selatan sekitar 3-4 km jauhnya. Kemudian belok melalui jalan kecil ke arah SMP 3 Semanu sejauh kurang lebih 7 km.

Seperti obyek caving lainnya, di sini juga terdapat aliran air dengan kedalaman sekitar 3 meter. Dan di dalam gua juga ada bebatuan stalaktit dan stalagmit. Seperti yang saya bilang, Kalisuci tidak kalah dengan Goa Pindul.

Anda harus menuruni tebing sejauh 150 meter Untuk menuju spot caving. Setelah itu barulah Anda bisa memakai pelampung, ban dan pelindung kepala sehingga bila anda tidak bisa berenang pun tidak akan tenggelam ke dalam air.

Karena jalan berlumpur jangan memakai sandal sewaktu menuju spot caving. Disana ada 3 pemandu yang mengawal caving sembari menjelaskan keunikan Gua Kalisuci.

Begitu memasuki Gua Kalisuci, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan. Di sekeliling gua terdapat kelelawar-kelelawar sehingga kita harus memakai pelindung kepala agar tidak kena kotoran kelelawar. Ini juga yang membuat caving sepanjang 100 meter memberikan sensasi yang luar biasa menakjubkan. Ada 2 buah spot di Gua Kalisuci, spot pertama adalah arus tenang, sehingga tangan pun harus ikut mendayung. Sedangkan spot yang kedua memiliki arus yang lumayan sehingga memberikan tantangan ketika berkelok saat melewati bebatuan.

goa kalisuci

Keluar dari spot caving, Anda bisa berenang atau loncat ke sungai untuk foto narsis. Untuk kembali ke spot caving, Anda harus naik tebing dengan tali sepanjang 300 meter.

Nah, Selain sebagai wisata petualangan dan having fun, Cavetubing Kalisuci merupakan sarana Ecotourism maupun Education Tourism. Wisatawan bisa mempelajari tentang Speologi (Ilmu tentang goa dan lingkungan sekitarnya), Morfologi kawasan batu kapur, Speleogenesis (Ilmu tentang terbentuknya goa), Biospeologi (Ilmu tentang kehidupan goa) dan sebagainya.

Tunggu apa lagi? Cavetubing Kalisuci menanti anda!


Join penulis di Google+, Join Sofyan di Google+

Kata Kunci :

Goa kali suci semanu, goa kalisuci dengan pindul, tempat wisata terbaru di wonosari,

One comment

  1. waktu kecil saya sering ke kalisuci, tidak menuruni tebing, tapi menyusuri dari jembatan jirak, lebih asyik dan menantang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top