Apakah Hukuman Untuk Preman?

Wisata Yogyakarta – Apa Hukuman Untuk Preman? Setelah apa yang terjadi di Lapas Cebongan Yogyakarta beberapa pekan yang lalu, yaitu pembunuhan yang terjadi pada para preman oleh kopassus. Bahkan banyak terpajang spanduk yang mendukung preman. Mana yang kita dukung? Preman kah? atau Kopassus kah? Sebelumnya saya mendapati sebuah artikel di dalam website konsultasisyariah.com disana ada yang sedang berkonsultasi mengenai hukuman untuk preman yang tepat.

Sang penanya bertanya mengenai hukuman untuk preman yang tepat. Begini sang penanya mengutarakan pertanyaannya :

Mau tanya kasus Sekarang lagi marak perdebatan preman Vs kopasus. Komnas HAM menilai, kopasus telah melanggar HAM atas pembantaian preman di LP cebongan. Di lain pihak, masyarakat jogja merasa senang ketika ada penangkapan preman. Sebenarnya, seperti apa hukuman yang ditetapkan islam untuk preman?

hukuman untuk preman

Hukuman Untuk Preman

Menarik sekali pertanyaan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan jawaban hukum yang tepat untuk preman, ini dia ringkasannya :

Tidak ada hukuman khusus bagi muntahib/preman, karena kasus intihab tidak sama dengan pencurian, sehingga tidak dipotong tangannya. Hal ini ditegaskan dalam hadis dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Seorang muntahib tidak dihukum dengan potong tangan. Barang siapa yang melakukan intihab secara terang-terangan maka bukan termasuk pengikut jalan kami.” (HR. Abu Daud 4391 dan dishahihkan Al-Albani)

Karena muntahib tidak memiliki hukum khusus sebagaimana layaknya kasus pencurian, maka hukuman kasus intihab dikembalikan kepada keputusan pemerintah. Majlis hakim yang berwenang, berhak menjatuhkan hukuman kepada mereka, sesuai dengan tingkat kriminal yang mereka lakukan.

Setelah saya konsultasikan dengan Dr. Muhammad Arifin Baderi, beliau menambahkan,

“Bila pemerintah/hakim merasa bahwa perilaku mereka tidak dapat dihentikan kecuali dengan hukuman mati, maka pemerintah dibenarkan untuk menjatuhkan hukuman itu agar menimbulkan efek jera bagi mereka dan lainnya.”

Allahu a’lam

Sangat menarik sekali penggalan jawaban diatas, ini bukan pembenaran apa yang telah dilakukan oleh kopasus. Perdebatan tentang hukuman untuk preman ini tidak habis-habisnya. Tapi mungkin apa yang dilakukan oleh presiden Soeharto pada masa beliau menjabat sebagai presiden yang mana beliau menembak mati preman-preman ada benarnya jika dilihat dari penjelasan diatas. Apakah hukuman untuk preman di masa Presiden Soeharto sudah tepat?

Nah, kalau menurut anda bagaimana hukuman untuk preman yang tepat? Semoga pemerintah segera menemukan hukuman untuk preman secara tepat.