Inilah Tanda-Tanda Akan Terjadi Angin Kencang (BPBD Sleman)

Wisata-Yogyakarta – Musim hujan telah datang dan hujan kerap turun tanpa diduga sebelumnya. Tanah yang kering kini menjadi basah, pohon yang gugur mengering kini telah bertunas, itulah gambaran awal musim penghujan. Namun hujan badai kerap juga terjadi pada musim hujan ini. Saat hujan badai datang direkomendasikan untuk berteduh dan menghindari badai karena badai dapat berakibat buruk bagi lingkungan sekitar, pohon tumbang yang dapat berakibat korban jiwa dapat terjadi pada hujan disertai angin kencang.

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak luput dari badai hujan disertai angin kencang. Kepala bagian kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD, bapak Heru Saptono mengemukakan bahwa angin kencang kerap terjadi diawal musim hujan. Lalu bagaimana menghindarinya? Apa saja tanda-tandanya? Kita simak ulasan berikut ini.

tanda-tanda badai angin kencang

Ilustrasi Badai Angin Kencang

Tanda-Tanda Angin Kencang

Semua lokasi dapat diterjang angin kencang, tidak terkecuali daerah Sleman. “Cenderung berpindah-pindah, sehingga awal musim hujan kali ini dengan musim hujan tahun lalu lokasinya berbeda. Pada musim hujan kali ini, kami menerima laporan terjadinya angin kencangberada di Pakem, Cangkringan, dan Tempel,” paparnya, Rabu (26/11/2014).

Salah satu tanda-tandanya adalah perubahan cuaca yang terlalu mendadak, misalnya cuaca cerah lalu lima menit kemudian menjadi mendung petang. Cuaca tersebut sangat beresiko terjadi angin kencang. Apalagi disertai dengan perubahan suhu yang mendadak. Seperti panah gerah lalu kemudian menjadi sejuk.

“Tanda-tanda antara lain perubahan suhu yang mendadak, yakni udara terasa gerah. Sementara awan gelap mulai menggumpal di atas. Ini perlu diwaspadai,” kata dia. Biasanya badai angin kencang diawali dengan hujan lebat.

Kemudian beliau menambahkan,“Kondisi cuaca ekstrem biasa terjadi saat awal musim atau pergantian musim. Kami meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan,” ungkapnya beliau. Jika anda merasakan tanda-tanda akan terjadi angin kencang seperti diatas, langsung saja masuk kerumah yang aman.

Artikel ini berhubungan dengan :

Angin kencang,tanda tanda akan terjadinya badai di gunung,tanda tanda angin kencang dari awan,tanda tanda datangnya hujan badai