Pusat Kerajinan Perak Kotagede Sajikan Pesona Klasik Tak Terlupakan

Pusat Kerajinan Perak Kotagede Sajikan Pesona Klasik Tak Terlupakan, Wisata Yogyakarta – Pada kenyataannya, pusat kerajinan perak Kotagede sajikan pesona klasik yang tak terlupakan. Memang bisa dibilang bahwa Kota Gede adalah salah satu tempat yang terkenal dengan pusat kerajinannya. Kota ini berada di area pinggiran kota yang ada di Yogyakarta. Dan kota ini terdiri atas jalanan yang sempit, dimana ada banyak toko perak tradisional juga rumah berbentuk ubin mosaic yang tersusun rapi di pinggiran jalan.

Dulu, rumah yang ada di KotaGede ini merupakan sekumpulan rumah dari para pedagang kerajaan dan juga para bangsawan. Untuk lebih tepatnya, lokasi Kota Gede ini bertempat di kecamatan Kota Yogyakarta, di Provinsi Daerah Istimewa Yokyakarta. Mau tahu seperti apakah seputar pusat kerajinan yang satu ini? Inilah ulasan dari pusat kerajinan perak Kotagede yang menyajikan pesona klasik yang tak pernah terlupakan!

Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Selamat Datang Kotagede

Ciri Khas Perak yang ada di Kotagede, Yogya

Perak yang ada disini mempunyai ciri khas tersendiri yang sangat unik, pastinya! Sehingga, perak yang diciptakan menjadi bernilai seni cukup tinggi. Hal ini dikarenakan, cirri khas perak disini memiliki bentuk seperti relief yang warnanya kontras, hitam dan putih. Sehingga, terciptalah sebuah karya seni yang mengagumkan, seperti gelang, kalung, bros, cincin, dan masih banyak kerajinan yang lainnya yang berhasil mereka ciptakan. Dan semua itu, berkualitas tinggi.

Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Apa yang Bisa Dilakukan di Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Selain peraknya yang popular, ternyata di kota ini juga popular dengan sejumlah pemakaman dari anggota kerajaan. Pemakaman ini merupakan salah satu situs kuno yang bisa memperlihatkan kemegahan dari warisan budaya yang ada di daerah sana. Maka dari itulah, saat Anda ingin memasuki komplek area pemakaman tersebut, maka Anda wajib menggunakan pakaian khusus yang berasal dari Jawa yang mana telah disediakan di tempat pendaftaran.

Pasalnya, tempat tersebut terdapat makam dari para raja Mataram. Sehingga, siapapun yang berkunjung harus menghormatinya, dengan cara menggunakan pakaian adat Jawa. Beberapa orang biasanya datang berkunjung ke pemakaman ini dengan tujuan untuk meminta sebuah berkah, member penghormatan, dan juga memberikan sebuah sesajen. Namun ada juga yang menang berniat berziarah dan mengingat jasa-jasa orang yang sudah meninggal tersebut.

Disinilah kerap sekali didatangi para wisatawan dari domestic hingga mancanegara. Hal ini tak lain karena disinilah kerajinan perak yang dihasilkan sangat bernilai tinggi. Sehingga, hal ini sangat disayangkan sekali untuk dilewatkan. Bahkan, beberapa wisatawan sering kali datang ke tempat ini memang karena untuk membeli kerajinan perak yang ada di pusat kerajinan perak Kotagede tersebut. Hal ini karena memang disinilah terdapat cirri khas yang unik.

Bahkan, disini pun memiliki kadar perak yang tinggi, bisa sampai 925, sehingga kerajinan perak yang dihasilkan sangat mudah untuk dibersihkan dan lebih tahan lama, juga tidak mudah luntur. Selain itu, Anda pun bisa memesan berbagai model kerajinan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Makam Raja-raja Mataram di Kotagede

Makam Raja-raja Mataram di Kotagede

Jalur Menuju Kotagede Yogyakarta

Untuk bisa sampai ke tempat tujuan, maka Anda bisa menggunakan trans Jogja dari jalur 3A dan juga jalur 3B, yang kemudian anda bisa turun ke halte Tegalgendu.

Baca : 12 Tempat Wisata Favorit Untuk Liburan di Yogyakarta

Demikianlah sekilas info tentang pusat kerajinan perak Kotagede yang harus Anda kunjungi, ketika Anda sedang berada di Jogjakarta. Dengan mengetahui seputar informasi di atas inilah bisa membuat referensi Anda semakin bertambah. Khususnya untuk Anda yang menyukai aneka wisata kerajinan yang ada di Indonesia. Karena sangat disayangkan sekali bila Anda melewatkan pusat kerajinan yang satu ini. Maka dari itulah, segera saja kunjungi Kotagede sekarang juga dan nikmati aneka kerajinannya.

Artikel ini berhubungan dengan :

kerajinan kotagede yogyakarta