Belajar Membuat Geplak Bantul

Wisata Yogyakarta – Belajar Membuat Geplak Bantul. Geplak Bantul, siapa yang tidak kenal makanan yang berwarna warni ini. makanan manis ini berasal dari Bantul, kota kecil nan elok di selatan pusat kota Yogyakarta. Geplak Bantul terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa, yang rasanya manis. Ada pula yang menyebutnya sebagai makanan Betawi dengan tambahan bahan berupa tepung beras dan daun jeruk purut.

Industri pembuatan geplak banyak ditemui di kabupaten Bantul, dan kebanyakan adalah industri rumah tangga. Karena rasanya yang enak dan manis banyak orang yang sangat suka dengan geplak bantul. Nah, bagi anda yang ingin membuat sendiri geplak bantul, kita akan segera mengulasnya.

geplak bantul

Resep Geplak Bantul

Pertama-tama siapkan bahan-bahan untuk membuat Geplak Bantul, yaitu :

2 btr kelapa agak muda
500 gr gula pasir
250 gr tepung beras
2 lbr daun pandan
1/2 sdt vanili bubuk
250 ml air
1 sdt garam

Cara membuat Geplak Bantul :
1. Sangrai kelapa parut dengan api kecil, jaga jangan sampai berubah warna. Sisihkan.
2. Sangrai tepung beras dengan daun pandan hingga daun pandan agak kering, tapi jaga tepungnya tetap putih. Sisihkan.
3. Didihkan air dalam wajan, tambahkan gula pasir, vanili, dan garam. Aduk-aduk hingga agak mengental dan adonan ‘berambut’. Itu lho, sampai ada gelembung-gelumbung di bagian atasnya.
4. Masukkan kelapa dan tepung beras. Aduk hingga tercampur rata. Matikan api.
5. Tunggu adonan hingga agak dingin. Ambil sekepal, bentuk bulat-bulat atau oval. Letakkan di tampah atau loyang yang telah dialasi kertas roti.
6. Sajikan

Tips-Trik dalam membuat Geplak Bantul:
1.  Gunakan tepung beras yang masih baru digiling.
2. Vanili dapat diganti dengan esense durian atau perasa yang lain bila anda suka.
3. Kalau tidak mau repot membentuk, gunakan saja loyang datar, alasi dengan kertas roti, tuang adonan ke loyang, ratakan. Bila sudah dingin iris-iris dengan pisau tajam.

Nah, itu dia cara membuat Geplak Bantul, selamat mencoba.


Join penulis di Google+, Join Sofyan di Google+

Kata Kunci :

resep geplak, cara membuat geplak, resep geplak bantul, cara membuat geplak jogja, resep geplak jogja, cara membuat geplak bantul, geplak jogja, kue geplak, cara buat geplak betawi, Cara buat kue geplak, Geplak bantul, Tempay pembuatan makanan dijogja, Tempat produksi geplak bantul, resep geplak betawi, resepkue geplak bantul, resep membuat geplak jogja, Resep geplak khas betawi, resep geplak mbantul, resep membuat geplak, resep membuat geplek, resep bikin geplak, membuat geplak khas bantul, langkah memproduksi geplak, bikingeplak, Cara bikin Geplak Jogya, cara buat geplak, cara buat geplak jogja, cara membikin geplak, cara membuat geplak kelapa, cara membuat geplak makanan khas jogja,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top