Jadah Tempe : Makanan Khas Sleman, Kesukaan Sultan

Jadah Tempe : Makanan Khas Sleman, Kesukaan Sultan. Jadah tempe adalah salah satu makanan tradisional khas yang berasal dari Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadah Tempe sesungguhnya bukanlah jadah yang terbuat dari bahan kedelai/tempe, tapi jadah tempe merupakan gabungan dari dua jenis makanan yaitu jadah dengan lauk tempe.

Jadah Tempe : Makanan Khas Sleman

Makanan khas sleman ini terdiri dari jadah dan tempe. Jadah merupakan makanan olahan dari ketan dengan campuran kelapa, rasanya gurih. Sedangkan pasangannya tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem dengan rasa legi/manis. Akan lebih nikmat rasanya jika di temani dengan cabe rawit. Biasanya disajikan dengan wadah daun pisang. Rasanya manis gurih sekaligus pedas, sangat cocok dinikmati di daerah sleman yang lumayan sejuk. Perpaduan dua rasa yang jauh berbeda menghasilkan rasa yang unik dan pas di lidah. Rasa jadah yang cenderung gurih  dipadu dengan rasa tempe bacem yang manis menciptakan sensasi di lidah dan mebuat rasa nikmat yang luar biasa.

makanan khas sleman

Pada tahun 1950-an Jadah tempe ini diperkenalkan pertama kali oleh Sastro Dinomo atau yang sering disapa mbah Carik sekitar di desa Kaliurang. Makanan tersebut menjadi terkenal ketika Sri Sultan Hamengkubuwono IX mencoba mencicipi jadah tempe. Ternyata Beliau sangat menyukainya apalagi beliau sering mengutus pengawalnya untuk membeli jadah tempe ke Kaliurang. Sejak saat itulah makanan Jadah tempe menjadi terkenal dan menjadi makanan khas Yogyakarta khususnya di Kaliurang, Sleman hingga sekarang.

Banyak tokoh tokoh yang datang ke kaliurang hanya untuk memuaskan hasrat kulinernya, sebut saja Bagong Kussudiardja  dan sang Maestro pelukis  Affandi,  dan masih banyak tokoh lain yang dating hanya untuk menikmati makanan khas sleman jadah tempe tersebut dikawsan kaliurang. Saat ini sudah banyak penjual jadah tempe ini, namun nama yang paling terkenal adalah Jadah tempe Mbah Carik.

Untuk dapat menikmati makanan khas sleman ini pembeli hanya cukup mengeluarkan biaya yang murah berkisar antara Rp.10.000 – Rp.20.000.  Di Taman Wisata Kaliurang di setiap sudut penjual Jadah tempe juga terdapat dibanyak tempat. Bahkan ada yang keliling menawarkan kepada pengunjung. Kalau anda berwisata ke Yogyakarta ada baiknya anda mencicipi makanan khas sleman ini. Di sekitar pasar Sleman pun ada.

Nah itu tadi makanan khas sleman Jadah Tempe, sudahkah anda mencobanya?


Join penulis di Google+, Join Sofyan di Google+

Kata Kunci :

wisata jogja 2013, asal usul jadah tempe,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top