12 Tempat Wisata di Yogyakarta Favorit Untuk Liburan

12 Tempat Wisata di Yogyakarta Favorit Untuk Liburan, Wisata Yogyakarta – Yogyakarta merupakan sebuah Provinsi yang letaknya berdekatan dengan Jawa Tengah. Yogyakarta menjadi salah satu provinsi yang mendapatkan hak istiwewa selain Daerah Istimewa Aceh, sehingga secara resmi Yogyakarta disebut dengan Daerah Istimea Yogyakarta. Di Indonesia Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar. Di daerah ini banyak sekali terdapat universitas yang menjadi idola pelajar dari berbagai daerah. Beberapa kampus terkenal yang  ada di Yogyakarta diantaranya adalah Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia dll.

Selain terkenal dengan Kota Pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota tujuan wisata yang mendunia. Banyak sekali tempat wisata yang ada di Indonesia, baik itu wisata alam, wisata keluarga wisata budaya, wisata religi, wisata sejarah dll. Karena banyaknya wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta ini maka banyak juga biro an agen perjalanan yang membuat paket wisata di Yogyakarta. Paket wisata Yogyakarta yang ditawarkan kebanyakan menyertakan Candi Borobudur sebagai salah satu bagian dari daftar tempat wisata di yogyakarta ini. Padahal secara administrasi Candi Borobudur masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Hal itu terjadi karena memang akses Candi Borobudur sendiri dari Kota Yogyakarta cukup mudah dan dekat. Dalam artikel ini akan kami bahas hanya 12 tempat wisata saja yang terdapat di Yogyakarta yang banyak menjadi pilihan untuk berlibur saat musim liburan tiba. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Yogyakarta Favorit Untuk Liburan :

1. Keraton Yogyakarta

Foto Keraton Yogyakarta

Foto Keraton Yogyakarta

Bicara tentang Tempat Wisata di Yogyakarta maka tidak akan dapat dipisahkan dengan keberadaan Keraton Yogyakarta ini. Secara resmi Keraton Yogyakarta bernama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta ini merupakan perkembangan dari Kesultanan Mataram dengan Raja pertama bernama Panembahan Senopati. Sebelum menjadi Keraton Yogyakarta seperti sekarang tentunya telah mengalami perjalanan sejarah yang amat panjang. Pada tahun 1950 Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat menyatakan diri bergabung dengan Pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah RI memberikan hak istimewa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan sahingga Yogyakarta bernama resmi Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana salah satu poin keistimewaan ini adalah pengangkatan Raja Kasultanan Yogyakarta sebagai Gubernur DIY. Saat ini Keraton Yogyakarta berfungsi sebagai tempat tinggal Raja serta dimanfaatkan sebagai temmpat wisata yang sangat diminati baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pengunjung dapat melihat langsung arsitektur keraton Yogyakarta yang megah serta dapat melihat berbagai macam benda pusaka peninggalan Raja-raja terdahulu.

Baca : Berkunjung ke Wisata Keraton Yogyakarta

2. Malioboro

Jalan Malioboro Yogyakarta

Jalan Malioboro Yogyakarta

Di sebelah utara Keraton Yogyakarta terdapat jalan yang menjadi kebanggaan warga Yogyakarta yaitu Jalan Malioboro. Jalan Malioboro berawal dari Tugu Yogyakarta ke arah selatan sampai perempatan kantor Pos. Di sepanjang jalan ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu Jalan Margo Utomo, Malioboro dan Margo Mulyo. Keunikan dari Jalan Malioboro ini adalah jika dihubungkan antara Tugu Yogya, Malioboro dan Keraton Yogyakarta maka akan membentuk garis lurus. Obyek wisata Yogyakarta Jalan Malioboro melewati tempat-tempat bersejarah diantaranya adalaah Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Di sepanjang jalan Malioboro banyak sekali ditemui penjual cinderamata dari mulai kaos, batik, keris, sandal, tas dll. Di dekat perempatan Kantor Pos saat ini juga sudah dibuat taman yang sangat nyaman untuk duduk menikmati keindahan Kota Yogyakarta. Bisa jadi Jalan Malioboro merupakan tempat wisata terbaik di yogyakarta karena Jalan Malioboro merupakan landmark dari Kota Yogyakarta.

Baca : Wisata Belanja Yogyakarta di Jalan Malioboro Yang Terkenal

3. Candi Prambanan

Gambar Candi Prambanan Yogyakarta

Gambar Candi Prambanan Yogyakarta

Berwisata ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap apabila tidak berkunjung ke Candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di ujung paling timur dari wilayah Provinsi Yogyakarta, tepatnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Lokasi Candi Prambanan juga mudah ditemukan karena terletak di tepi Jalan Jalur Yogya-Solo. Destinasi wisata Yogyakarta Candi Prambanan ini selalu dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Candi Prambanan terkenal karena tercatat sebagai Candi Hindu Terbesar di Indonesia. Berdasarkan Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar Candi Prambanan, Candi ini dibangun pada abad ke -9 oleh Raja dari Wangsa Sanjaya yaitu Raja Balitung Maha Sambu. Di sekitar Candi Prambanan juga terdapat beberapa candi lainnya seperti Candi Boko, Candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Sewu dll.

Baca : Tempat Wisata Candi Prambanan Yang Indah

4. Kebun Binatang Gembira Loka

Gambar Poster Kebun Binatang Gembira Loka

Gambar Poster Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan sebuah wisata Kebun Binatang yang menjadi kebanggaan warga Yogyakarta. Di Kebun binatang ini terdapat berbagai macam binatang baik dari kelompok amfibi, reptile mamalia dsb. Jika anda mengira Kebun Binatang Gembira Loka adalah tempat yang membosankan, maka dugaan anda salah. Kebun Binatang Gembira Loka merupakan kebun binatang yang sudah dikembangkan sedemikian rupa menjadi tempat wisata edukasi yang sangat mengasyikkan. Saat ini Kebun Binatang Gembira Loka juga familiar disebut dengan Gembira Loka Zoo. Di sepanjang jalur pengunjung sudah ditata rapi dan dihiasi dengan beberapa spot untuk berfoto. Selain melihat koleksi binatang langka, anda juga dapat bermain Kapal Katamaran, Speed Boat, Skuter Air, Perahu Kayuh, Sepeda Air, Perahu Senggol, Kano Air, Banana Orca, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Sirkuit ATV, Perahu Gethek, Kereta Keliling (Taring), Taman Labirin dll. Salah satu hal yang menarik dari wisata Yogyakarta Kebun Binatang Gembira Loka adalah di wahana hewan reptile anda dapat berfoto ria dengan hewan koleksi seperti ular dan iguana dengan hanya membayar sejumlah uang seiklasnya, asyik bukan ?

Baca : Wisata Keluarga Yang Asyik ke Gembira Loka Zoo Yogyakarta

5. Pantai Parangtritis

Pemandangan di Parangtritis Yogyakarta

Pemandangan di Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis merupakan salah satu Pantai di wilayah Yogyakarta yang banyak dikunjungi oleh pelancong. Pantai parangtritis memiliki pemandangan yang indah dan unik yang tidak terdapat di pantai lainnya. Diantara keunikan dari Pantai Parangtritis adalah lokasi pantai yag luas dan panjang sehingga pengunjung dapat mengeksplore pantai sepuasnya. Di sepanjang Pantai Parangtritis pengunjung dapat sambil menikmati Es Kelapa Muda yang banyak dijajakan oleh penjual lokal. Selain itu anda juga dapat merasakan sensasi berkeliling pantai menggunakan ATV ataupun andong. Andong adalah alat transportasi tradisional khas Yogyakarta yang terdeiri dari kereta dan ditarik kuda. Di sebagian wilayah ada yang menyebutnya dengan dokar. Pantai Parangtritis terdapat di Kabupaten Bantul Yogyakarta dan berdampingan dengan beberapa pantai lainnya seperti Pantai Samas, Parangkusumo, Parang Endog, Pantai Depok dll. Selain digunakan sebagai tempat wisata, Wisata Jogja Pantai Parangtritis juga sering digunakan sebagai tempat penyelengarakan upacara adat Keraton Yogyakarta, contohnya adalah upacara saat Malam Satu Suro.

6. Pantai Baron

Pemandangan Pantai Baron Yogyakarta

Pemandangan Pantai Baron Yogyakarta

Jika Pantai Parangtritis terdapat di Kabupaten Bantul, Pantai Baron merupakan Pantai yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul tepatnya beralamat di  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Baron ini berbentuk cekungan sehingga ombak yang datang ke pantai tidak terlalu besar. Pantai Baron sudah dikembangkan sedemikia rupa sehingga banyak sekali fasilitas yang ada di dalamnya, dari mulai pasar ikan, tempat bermain anak, kios cinderamata, warung makan, toilet, mushola dll. Cindera mata khas yang dijajakan di Pantai Baron misalnya bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut. Pantai Baron ini satu deretan dngan pantai yang lain seperti Pantai Krakal, Kukup, Sundak, Drini, Indrayanti dll. Pengunjung biasanya tidak hanya mengunjungi satu pantai saja namun bisa 2-5 pantai sekaligus, karena lokasinya yang tidak teralu jauh satu dengan yang lainnya.

7. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti dari Atas Bukit

Pantai Indrayanti dari Atas Bukit

Seperti telah kami sampaikan diatas bahwa Pantai Indrayanti terdapat dalam satu kawasan dengan Pantai Baron yaitu di Kabupaten Gunung Kidul. Wisata alam Yogyakarta Pantai Indrayanti bisa dikatakan sebagai pantai yang sangat uni karena tidak dikelola oleh Pemerintah daerah namun dikelola oleh pihak swasta. Nama Indrayanti sendiri merupakan nama dari si penglola sendiri yang juga memiliki penginakan dan cafe di kawasan Pantai Indrayanti. Secara rsmi nama pantai ini adalah Pantai Pulang Sawal. Namun nampaknya masyarakat sudah kadung familiar dengan nama Pantai Indrayanti. Kondisi Pantai Indrayanti sangatlah bersih dan tertata dengan rapi. Di kawasan wisata ini ada penginapan, cafe, gazebo dll. Kebersihan pantai ini karena pantai ini dikelola oleh pihak swasta yang tidak segan-segan menghukum pengunjung apabila membuang sampah sembarangan. Pengelolaan dan penamaan Pantai Indrayanti sempat menuai kontriversi dan mendapat protes dari beberapa elemen masyarakat. Sampa saat ini kami sendiri belum mendapat informasi yang jelas tentang kepemilikan dan pengelolaan Pantai Indrayanti ini.

8. Goa Pindul

Cave Tubing di Goa Pindul Yogyakarta

Cave Tubing di Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul bisa dikatakan sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta. Goa ini sangat unik sehingga banyak mengundang wisatawan dari berbagai daerah. Jangan menganggap Goa Pindul ini layaknya goa di kebanyakan daerah, karena di dalam goa ini terdapat dipenuhi dengan air yang sangat dalam. Pengunjung Goa Pindul akan dapat menikmati asyiknya menyusuri Goa Pindul dengan menggunakan Ban pelampung. Aktivitas ini dinamakan dengan Cave Tubing. Tentu saja aktifitas ini tidak boleh dilakukan endiri oleh pengunjung namun harus didampingi oleh pemandu wisata dan juga menggunakan peralatan keamanan seperti pelampung dan ban itu sendiri. Karena menjadi tempat wisata favorite di Yogyakarta, Goa Pindul akan ramai dipadati pengunjung pada liburan tiba. Oleh karena itu saran kami apabila ingin benar-benar menikmati pemandangan dalam Goa, anda bisa menyiasatinya dengan berkunjung saat tidak hari libur karena tentunya akan lebih sepi. Jika anda berminat anda dapat mendatangi alamat Goa Pindul  di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Selain menyusuri Goa Pindul anda juga dapat menyusuri Sungai Oya yang lokasinya berdekatan dengan Goa Pindul.

9. Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark

Kalau anda mencari tempat wisata di Yogyakarta yang sedang ngetrend, maka anda dapat mencoba berkunjung ke Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark. Bisa dibilang Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark juga masih baru karena baru diresmikan pada tanggal 20 Desember 2015 oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwwono X. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark disebut sebagai waterpark terbesar dan terlengkap di Indonesia. Lokasi Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark ada di sebelah utara Stadion Maguwoharjo sehingga mudah ditemukan terutama oleh pengunjung yang datang dari luar kota. Luas Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark adalah 77 hektar dan didalamnya terdapat berbagai macam wahana air yang snagta mengasyikkan. Beberapa wahana yang terdapat di Jogja Bay adalah Memo Racer, Volcano Coaster, Timo Rider, Jolie Raft River dan Brando Boomeranggo. Selain itu ada juga South Beach, kolam ombak yang mempunyai 9 jenis ombak berbeda ini memberikan informasi dan edukasi kepada pengunjung tentang ‘How to survive in Tsunami and earthquake’. Dengan demikian wisata keluarga Yogyakarta Jogja Bay ini bukan hanya sekedar memberikan fasilita hiburan bagi anak-anak namun juga memberikan edukasi yang mengasyikkan baik bagi anak anak maupun orang dewasa.

10. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Sindu Kusuma Edupark bisa dikatakan termasuk tempat wisata keluarga yang masih baru di Yogyakarta. Berbeda dengan wisata Jogja Bay yang banyak menawarkan wahana permainan air, Sindu Kusuma Edupark lebih banyak menampilkan wahana permainan bukan air. Manajemen dari Sindu Kusuma Edupark bukanlah pemain baru dalam dunia wisata edupark, karena Sindu Kusuma Edupark merupakan salah satu unit usaha dari Kusuma Agrowisata yang terdapat di Kota Batu, Malang. Lokasi dari Sindu Kusuma Edupark sendiri sangat mudah dijangkau karena terdapat tidak jauh dari Pusat Kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya Sindu Kusuma Edupark adalah di Jalan Magelang KM 2, Jambon, Sinduadi, Mlati Kabupaten Sleman. Wahana yang ditawarkan di Sindu Kusuma Edupark banyak sekali. Wahana yang menjadi icon Sindu Kusuma Edupark adalah Ferris Wheel atau bianglala raksasa yang dinamakan Cakra Manggilingan. Bianglala ini setinggi 4 meter dan setiap kabinnya dapat digunakan untuk 4 orang. Jadi jika anda naik bianglala ini anda dapat melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari atas. Keren kan. Selain Cakra Manggilingan wahana lain yang tak kalah seru di Sindu Kusuma Edupark misalnya kereta mini, flying fox, sepeda terbang, komidi putar, dino park, cinema 7D, ATV, Mobil listrik dll.

11. Monumen Jogja Kembali

Monjali Yogyakarta

Monjali Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang sudah mengalami perjalanan sejarah yang sangat panjang. Hal itu terlihat dari berbagai macam bangunan yang merupakan bukti sejarah yang tak terbantahkan. Salah satu hal menarik yang perlu diketahui adalah tentang keterlibatan Yogyakarta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang pada awal-awal kemerdekaan dulu masih sering diganggu oleh Belanda. Peristiwa yang tak mudah dilupakan adalah adanya Serangan Umum 1 Maret 1949 yang diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX serta dipimpin oleh Letkol Soeharto. Serangan ini memiliki arti penting karena dengan adanya serangan ini maka TNI masih dianggap memiliki kekuatan untuk menggempur Penjajah Belanda. Dan dari Serangan ini pula akhirnya Belanda dipaksa untuk menyelenggarakan Komisi Tiga Negara yang kemudian menghasilkan Perjanjian Roem Royen yang isinya agar Belanda memulangkan Presiden dan Wakil Presiden dari pengasingan dan menarik mundur seluruh pasukan Belanda dari Indonesia. Peristiwa nilah yang kemudian diabadikan dalam bentuk Monumen Jogja Kembali. Di dalam Monumen Jogja Kembali terdapat berbagai macam relief dan diorama serta berbagai macam peninggalan sejarah yang berkaitan dengan perjuangan Rakyat Indonesia mengusir Penjajah Belanda. Oh ya, saat ini di area sekitar Monumen Jogja Kembali atau Monjali juga dibangun sebuah taman lampion yang menarik. Taman ini ulai dibuka sore hari hingga malam hari. Berbagai macam lampion dapat anda lihat disini. Selain itu juga ada aneka kuliner khas Yogyakarta yang disediakan di area foodcord.

12. Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Kerajinan Perak di Kotagede Yogyakarta

Kerajinan Perak di Kotagede Yogyakarta

Pernah Berwisata ke Jogja ? Oleh-oleh khas dari Jogja apa ya ? Mungkin inilah pertanyaan yang terbesit di pikiran anda ketika berkunjung ke Yogyakarta. Memang di Yogyakarta anda dapat membeli berbagai macam oleh-oleh khas Yogyakarta tergantung kemana tujuan wisata anda. Di Bantul ada sentra kerajian gerabah yaitu di Kasongan. Di Malioboro anda dapat membeli berbagai macam kaos seperti Dagadu, Raminten, dll. Selain itu anda dapat mencoba untuk berkunjung ke Kotagede. Kotagede merupakan salah satu kota di Yogyakarta yang memiliki sentra pengrajin perak. Bahan logam perak tidak hanya digunakan untukperhiasan saja, namun dapat pula dijadikan sebagai hiasan yang sangat bagus. Di sepanjang jalan di Kotagede anda dapat menemukan banyak sekali toko dari yang besar sampai kecil yang menjajakan berbagai macam perhiasan dan hiasan dari bahan perak. Jika anda masih ragu terhadap keaslian dari produk kerajinan perak ini anda dapat  mengecek kadar kemurnian perak di Balai Besar Perindustrian di Jalan Kusumanegara.

Demikian tadi informasi tentang 12 Tempat Wisata di Yogyakarta Favorit Untuk Liburan versi dari wisata-yogyakarta.com. Tentunya pilihan tempat wisata di yogyakarta yang wajib dikunjungi ini dapat berbeda dengan pilihan anda, namun disini kami hanya berniat memberikan sedikit gambaran sebelum anda berkunjung ke Yogyakarta. Jika anda memiliki waktu liburan yang agak panjang, anda dapat mencoba berbagai macam tempat wisata Yogyakarta yang sangat menarik ini dan juga jangan lupa untuk mencoba tempat wisata kuliner di yogyakarta seperti gudek, oseng mercon angkringan, sate klatak dll.

Artikel ini berhubungan dengan :

destinasi wisata dengan manajemen baik di yogyakarta,foto tugu jogja,jalan malioboro,poster wisata yogyakarta,spot foto di jalan malioboro jogja,tempat wisata favorit di bantul,tempat wisata jogja yg sudah dikelola pemerintah