14 Tempat Wisata Gunung Kidul Pilihan Paling Bagus Untuk Liburan

Tempat Wisata Gunung Kidul Pilihan Paling Bagus Untuk Liburan, Wisata Yogyakarta – Yogyakarta merupakan provinsi yang terkenal di Indonesia. Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pendidikan karena disana banyak terdapat perguruan tinggi tempat kuliah para pelajar dari berbagai penjuru Indonesia. Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagai tujuan wisata yang sangat ramai. Hal itu terlihat pada saat liburan tiba banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, bahkan saat liburan panjang menjadikan lalu-lintas Kota Yogyakarta menjadi macet.
Daerah mana saja yang banyak terdapat tempat wisata di Yogyakarta ? Hampir di setiap Kabupaten/Kota di Yogyakarta memiliki tempat wisata yang unik dan menarik. Perlu dikatehui bahwa Yogyakarta merupakan sebuah Provinsi dengan 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya. Kabupaten/Kota di Yogyakarta adalah Kabupaten Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulonprogo dan Kota Yogyakarta.

Dalam artikel ini kami akan membahas 14 tempat wisata Gunung Kidul pilihan yang paling ramai dan paling unik. Gunung Kidul merupakan kabupaten yang berada di wilayah Yogyakarta bagian selatan dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Gunung Kidul diberkahi dengan deretan pantai dengan pemandangan yang indah. Selain itu di Gunung Kidul juga terdapat pegunungan kapur atau karst, sehingga disana banyak ditemui goa-goa alam dan sungai bawah tanah yang terbentuk secara alami. Berikut adalah 14 Tempat Wisata Gunung Kidul Pilihan Paling Bagus Untuk Liburan.

1. Pantai Baron

Pantai Baron di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron di Gunung Kidul Yogyakarta

Tempat wisata Pantai Baron merupakan sebuah tempat wisata di daerah Gunung Kidul Yogyakarta yang tepatnya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari dengan jarak sekitar 20 km dari arah pusat kota Wonosari. Objek wisata yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan objek wisata lainnya yang menawarkan pesona laut dengan dikelilingi perbukitan hijau yang looknya benar – benar indah. Selain berenang, ketika berwisata di Pantai Baron Anda bisa bermain di tepian laut kemudian menikmati panorama pantai yang begitu memukau sembari Anda santap hidangan kuliner yang lezat. Anda bisa temukan hidangan kuliner di warung – warung sekitar wisata Pantai Baron. Pada hari-hari tertentu di musim liburan biasanya ada pertunjukan dangdut di Tempat Wisata Gunung Kidul Pantai baron ini.

2. Pantai Krakal

Pantai Krakal di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Krakal di Gunung Kidul Yogyakarta

Tempat Wisata pantai di Gunung Kidul selanjutnya adalah Pantai Krakal. Pantai ini terkenal dengan hamparan pantainya yang landai serta terdapat batu karang sebagai tempat biota laut. Banyak anak yang suka menyusuri bebatuan karang di tepi Pantai Krakal ini. Namun hati-hati ya karena kalau jatuh pasti sakit. Pantai Krakal juga digunakan sebagai spot surfing. Lokasi Pantai Krakal adalah di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi ini masih satu deret dengan Pantai Baron dan Pantai Kukup. Banyak rombongan wisatawan yang mengunjungi Pantai Baron, Krakal dan Kukup sebagai satu paket wisata.

3. Pantai Kukup

Pantai Kukup di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kukup di Gunung Kidul Yogyakarta

Seperti kami sampaikan diatas bahwa Pantai kukup berdekatan dengan Pantai Baron dan Pantai Krakal atau tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Keunikan dari Pantai Kukup Yogyakarta adalah adanya bukit karang yang menyerupai Tanah Lot di Bali. Hal itu menjadikan Pantai Kukup mendapat julukan Tanah Lot nya Yogyakarta. Di atas bukit karang ini terdapat gazebo untuk melihat pemandangan Laut di Pantai Kukup dan sekitarnya.

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata pantai yang satu ini memang tidak terkira seperti nama sebuah pantai. Penamaan pantainya berdasarkan nama pemilik cafe yang ada di sekitar Pantai Indrayanti. Pantai ini juga sangat indah dengan fasilitas yang sangat lengkap disediakan di pantai ini. Ombak besarnya juga menjadi ciri khas dari wisata Pantai Indrayanti. Disini Anda bisa melakukan banyak aktivitas pantai mulai berenang, voli pantai dan yang lainnya. Nama Indrayanti sendiri sempat menjadi kontriversi. Hal itu karena nama Indrayanti merupakan nama kafe sekaligus pemilik nya. Nama resmi dari Pantai Indrayanti sendiri adalah Pantai Pulang Syawal. Namun nampaknya wisatawan sudah terlanjur famliar dengan nama Indrayanti. Jika anda berminat ke Pantai Indrayanti anda dapat datang ke Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

5. Pantai Siung

Pantai Siung di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung di Gunung Kidul Yogyakarta

Objek wisata Pantai Siung ini merupakan sebuah objek wisata yang memiliki jarak sekitar 70 km dari pusat kota Jogja dan kita bisa menempuh wisata Pantai Siung ini dengan waktu hanya sekitar 2 jam saja lamanya. Objek wisata yang satu ini sangat  unik karena memiliki batu karang besar yang dapat dijadikan ajang  panjat tebing. Anda yang suka olahraga panjat tebing bisa melepaskan hobi Anda di wisata yang satu ini. Dengan sensasi panjat tebing yang pada bagian bawah adalah ombak besar akan membuat panjat tebing Anda kali ini cukup ekstrim dan menantang. Lokasi Pantai Siung sendiri adalah di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

6. Pantai Drini

Pantai Drini di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Drini di Gunung Kidul Yogyakarta

Objek wisata di Gunung Kidul yang satu ini merupakan sebuah wisata pantai yang sangat indah dan asri dan lokasinya berada di Tepus, tepatnya di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisata pantai ini memiliki pesona yang lebih indah dibandingkan pantai Gunung Kidul lainnya karena pantai ini diapit oleh dua pulau karang dengan tanaman laut yang tampak begitu jelas di bawah permukaan air. Disini air lautnya sangat bersih sehingga akan lebih menyenangkan lagi. Alamat Pantai Drini adalah di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

7. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata pantai Pok Tunggal ini termasuk wisata pantai cantik yang tak kalah cantiknya dengan wisata Pantai Siung. Wisata Pantai Pok Tunggal ini memiliki pasir yang bersih dan lembut. Wisata yang satu ini juga dikelilingi dengan tebing karang yang dapat menjadikan pemandangan di sekitar kawasan pantai semakin indah dan menakjubkan. Pantai ini juga memiliki keunikan lain yang menjadikannya berbeda dengan wisata pantai lain yaitu terdapatnya sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai yang ada di bawah tanah. Lokasi wisata Pantai Gunung Kidul Pantai Pok Tunggal adalah di Desa Tepus Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

8. Pantai Timang

Pantai Timang di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Timang di Gunung Kidul Yogyakarta

Jika kita membicarakan sebuah tempat wisata pantai, maka yang akan terlintas dipikiran kita adalah sebuah tempat berupa hamparan pasir yang luas dihiasi dengan deburan ombak yang indah. Namun gambaran pantai yang seperti diatas tiak terdapat di Pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta ini. Pantai Timang di Gunung Kidul memiliki daya tarik tersendiri dan berbeda dengan wisata pantai lainnya. Pantai Timang bukanlah pantai dengan hamparan pasir, namun hanyalah sebuah tebing karang yang besar. Di seberang lautan Pantai Timang ini terdapat Pulau Panjang yang tidak terlalu besar. Jarak antara Pantai imang dengan Pulau Panjang ini sekitar 200 meter. Untuk menghubungkan antara Pantai Timang dengan Pulau Panjang ini dibangun sebuah kereta gantung kayu dengan tali penghubung. Dahulu kereta ini digunakan warga sekitar menyeberang ke Pulau Panjang untuk mencari Lobster. Namun dalam beberapa tahun terahir ini, Kereta Gantung Pantai Timang ini menjadi viral di media sosial dan menarik minat wisatawan dari berbagai daerah. Untuk itu kemudian Pantai Timang ini dikembangkan secara serius menjadi destinasi wisata yang sangat menantang adrenalin. Jika anda tertarik dengan sensasi menyeberang dengan kereta gantung di Pantai Timang ini anda dapat datang ke Pantai Timang yang beralamatkan di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

9. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul Yogyakarta

Wilayah Gunung Kidul Yogyakarta didominasi oleh pegunungan kapur yang tandus. Hal itu karena di Gunung Kidul terdapat deretan karst yang memanjang di Pulau Jawa Bagian selatan. Hal itu menimbulkan di beberapa tempat ditemukan goa. Dibalik Pegunungan kapur yang tandus itu ternyata Gunung Kidul menimpan satu potensi wisata yang sangat menarik yaitu Air Terjun Sri Gethuk. air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun di Gunung Kidul dengan air yang jernih. Tempat Wisata Gunung Kidul Air Terjun Sri Gethuk terdapat di Desa Wisata Bleberan, tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

10. Goa Jomblang

Wisata Goa Jomblang di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata Goa Jomblang di Gunung Kidul Yogyakarta

Nah, setelah puas dengan indahnya pantai di Gunung Kidul Yogyakarta, kita akan bahas tempat wisata yang tak kalah menariknya di Gunung Kidul yaitu Goa Jomblang. Ada beberapa goa di Yogyakarta, yang paling terkenal adalah Goa Jomblang, Goa Pindul dan Goa Kalisuci. Goa Jomblang sendiri merupakan goa yang sangat unik karena mulut Goa Jomblang ini berbentuk seperti lubang besar. Dari lubang ini kemudian menjadi jalan masuknya cahaya matahari memasuki goa. Jika dilihat dari dalam goa, masuknya sinar matahari ini menimbulkan pemandangan yang sangat dramatis dan sangat indah. Karena bentuk mulut goa yang menyerupai lubang, untuk memasuki Goa Jomblang juga tidaklah mudah. Pengunjung harus menggunakan pengaman seperti pemanjat tebing kemudian turun menggunakan tali. Tempat wisata di Gunung Kidul ini memang sangat cocok untuk anda yang suka petualang. Setelah sampai di dalam Goa anda dapat menyaksikan indahnya pemandangan dalam goa yang luar biasa. Bagi yang berminat ke Goa Jomblang Yogyakarta dapat mendatangi alamat di Desa Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893, Indonesia.

11. Goa Pindul

Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul Yogyakarta

Selain Goa Jomblang, Goa Pindul di Gunung Kidul ini juga menyajikan pemandangan alam yang sangat unik. Goa Pindul merupakan tempat wisata di Gunung Kidul Yogyakarta yang saat ini tengah menjadi tren di kalangan wisatawan. Hampir tiap kali liburan tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Padahal Goa Pindul sendiri baru diperkenalkan sebagai daerah tujuan wisata beberapa tahun belakangan. Yang menjadi keunikan dari Goa Pindul adalah kondisi Goa yang dialiri air layaknya sungai dalam goa. Untuk menyusuri Goa Pindul sudah disediakan ban karet. Dalam menyusuri Goa Pindul ini dilakukan secara rombongan serta didampingi pemandu lokal yang membantu pengunjung menyusuri goa serta menjelaskan beberapa hal unik seputar spot-spot di dalam Goa Pindul. Untuk menikmati keindahan tempat wisata Goa Pindul Yogyakarta ini anda dapat datang ke Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891, Indonesia.

12. River Tubing Sungai Oya

Wisata Sungai Oya di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata Sungai Oya di Gunung Kidul Yogyakarta

Tak jauh dari Goa Pindul terdapat Sungai Oya yang didalamnya mengalir aliran sungai yang jernih dan deras. Alran sungai yang jernih ini kemudian dikembangkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisata. Paket wisata yang ditawarkan sendiri adalah mirip dengan yang ada di Goa Pindul. Pengunjung disediakan ban karet dan kemudian ditarik menyusuri sepanjang Sungai Oya. Di sepanjang sungai anda dapat menikmati keindahan Sungai Oya yang jernih serta beberapa spot yang sangat bagus. Sungai Oya terlihat asri dan mengalir diantara perkebunan Kayu putih. Di salah satu spot Sungai Oya pengunjung dapat merasakan sensasi terjun ke sungai dari ketinggian 5-20 meter. Asyik kan, mengingatkan kita ketika mandi di sungai waktu kecil. Di ujung perjalanan anda dapat menikmati hidangan yang disajikan di sebuah warung. Namun jika anda tidak berminat anda dapat langsung melanjutkan perjalanan ke basecamp dan menuju Tempat Wisata Gunung Kidul  selanjutnya.

13. Bukit Bintang

Bukit Bintang di Gunung Kidul Yogyakarta

Bukit Bintang di Gunung Kidul Yogyakarta

Bukit Bintang merupakan sebuah lokasi nongkrong di atas bukit di pinggiran Yogyakarta. Dari tempat ini anda dapat melihat Kota Yogyakarta dari atas. Pada malam hari pemandangan dari bukit ini akan tampak indah. Lampu-lampu di Kota Yogyakarta tampak berkelipan seperti bintang. Oleh karena itu lokasi ini dinamakan dengan Bukit Bintang. Lokasi Bukit Bintang sendiri terdapat di daerah Patuk, Gunung Kidul. Anda dapat dengan mudah menemukan Bukit Bintang ini karena terdapat di jalur Utama Piyungan-Wonosari. Daerah ini memang berupa perbukitan dan merupakan perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Di Bukit Bintang juga sudha terdapat beberapa kedai makan yang menyajikan makanan yang enak. Dari sini anda dapat menikmati makanan sambil menikmati pemandangan yang indah. Bukit Bintang Yogyakarta saat ini menjadi salah satu tempat makan romantis di Yogyakarta yang ramai terutama saat liburan.

14. Cave Tubing Kalisuci

Wisata Goa Kalisuci di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata Goa Kalisuci di Gunung Kidul Yogyakarta

Tempat wisata di Gunung Kidul selanjutnya adalah Cave Tubing Kalisuci. Kalisuci ini merupakan nama sebuah goa yang memiliki karakteristik hampir sama dengan Goa Pindul, yaitu Goa yang didalamnya mengalir sungai bawah tanah. Menyusuri Goa Kalisuci ini juga sudah menjadi trend tersendiri di kalangan wisatawan. Nama Goa Kalisuci sendiri memang belum setenar Goa Pindul, namun jika dilihat dari pemandangannya, Goa Kalisuci ini tak kalah dengan pemandangan di Goa Pindul. Alamat Goa Kalisuci sendiri adalah di Jetisa Wetan,Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893, Indonesia. Disana sudah tersedia paket wisata menyusuri Goa Kalisuci yang dilengkapi dengan peralatan yang lengkap serta pemandu wisata lokal yang berpengalaman.

Baca juga :
12 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Terkenal

Demikian adalah 14 Wisata Gunung Kidul Pilihan Paling Bagus Untuk Liburan dan harus anda kunjungi. Akan lebih asyik apabila anda mengunjungi tempat wisata di Gunung Kidul Yogyakarta diatas bersama keluarga, teman atau kekash anda. Biar tambah seru.

Save

Artikel ini berhubungan dengan :

pantai indrayanti gunung kidul harus ditutup,Goa jomblang Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta 55893,pantai wohkudu kabupaten gunung kidul daerah istimewa yogyakarta 55893,Tempat rekreasi di gunung kidul,sungai terkenal di gunung kidul,pilihan wisata gunungkidul,14 wisata di jogja gunung kidul,pantai tepus gunung kidul,desa wisata banjarejo,wisata gunung kidul pantai siung