20 Tempat Wisata Bantul Yogyakarta Untuk Kamu Yang Pingin Liburan

loading...

20 Tempat Wisata Bantul Yogyakarta Untuk Kamu Yang Pingin Liburan, Wisata Yogyakarta – Bantul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki potensi wisata yang sangat beragam. Kabupaten Bantul memiliki wilayah yang berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga ada beberapa tempat wisata pantai yang sangat indah untuk dikunjungi. Selain keindahan alamnya, Kabupaten Bantul juga dikenal dengan nuansa kebudayaan Jawanya yang sangat kental. Hal itu tak luput dari peran Keraton Yogyakarta yang selalu melestarikan adat dan kebudayaan jawa. Jika dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul terletak di seelah selatan Kota Yogyakarta. Ada berbagai macam kendaraan umum untuk datang ke Bantul ini termasuk Bus Jalur Bantul – Yogyakarta.

Bicara mengenai tempat wisata di Bantul, maka anda akan dihadapkan kepada rentetan tempat wisata yang indah dan menarik. Beberapa diantara tempat wisata di Bantul ini berupa pantai. Namun ada juga yang berupa pemandangan di perbukitan dan juga wisata keluarga. Dalam artikel ini akan kami bahas tentang 20 tempat wisata di Bantul Yogyakarta yang Paling Menarik Untuk dikunjungi.

20 Tempat Wisata Bantul Paling Bagus Untuk Liburan

1. Pantai Parangtritis

Wisata Pantai Parangtritis di Bantul Yogyakarta

Tempat wisata Pantai parangtritis sangat erat kaitannya dengan Kabupaten Bantul. Wisata alam bantul yogyakarta berupa Pantai ini memiliki ciri khas yaitu bibir pantai yang panjang dan luas serta memiliki pasir pantai berwarna hitam. Selain itu ombak di Pantai Parangtritis terkenal ganas sehingga pemandangan laut di Patai Parangtritis ini benar-benar memukau. di Pantai Parangtritis anda dapat merasakan sensasi berjalan-jalan di pantai dengan menaiki delman atau dalam bahasa jawa dikenal dengan nama andong. tarifnya pun cukup murah, anda cukup membayar dengan biaya 20 ribu untuk sekali putaran. Di sepanjang pantai terdapat banyak sekali warung yang menawarkan jajanan khas Parangtritis seperti peyek jingking. Jingking merupakan hewan laut yang berukuran kecil yang dapat dimakan. Jika cuaca panas maka akan terasa semakin nikmat jika anda mencoba es kelapa muda yang juga terdapat di sepanjang Pantai Parangtritis ini. Lokasi Wisata Bantul pantai parangtritis ini adalah di Desa Parangtritis Kcamatan Kretek Kabupaten Bantul DIY. Tiket Masuk Parangtritis sangat murah yaitu hanya 5000 rupiah per orang.

2. Pantai Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo Bantul Yogyakarta

Objek wisata alam Bantul selanjutnya adalah Pantai Parangkusumo. Pantai Parangkusumo di Bantul Yogyakarta menyimpan keindahan alam yang sungguh luar biasa. Wisata Bantul berupa Pantai ini memiliki ciri khas adanya gumuk pasir yang menyerupai kondisi di gurun pasir sehingga banyak yang menyebut dengan wisata padang pasir di Jogja. Selain itu Pantai Parangkusumo menyimpan kisah yang menarik untuk diketahui. Kisah ini sudah menjadi seperti Cerita Rakyat di Pantai Parangkusumo Yogyakarta ini. Jadi di dekat Pantai Parangkusumo ini terdapat dua buah batu yang dikenal dengan nama Cepuri Parangkusumo atau juga disebut dengan Batu Cinta Pantai Parangkusumo. Menurut kepercayaan warga sekitar, batu itu merupakan tempat bertemunya Panembahan Senopati dan Ratu Kidul Pertama kali. Panembahan Senopati merupakan raja pertama Kerajaan Mataram yang kemudian sampai sekarang berkembang menjadi Keraton Yogyakarta. Pertemuan ini kemudian diikuti pernikahan antara Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul. Pernikahan ini kemudian dipercaya menjadikan Kerajaan Mataram berkembang pesat bahkan sampai menguasai Tanah Jawa. Penasaran ? Langsung datang saja ya di lokasi wisata Pantai parangkusumo Yogyakarta yang berdekatan dengan Pantai parangtritis dan Pantai Depok di Kabupaten Bantul.

3. Pantai Depok

Wisata Pantai Depok di Bantul Yogyakarta

Satu lagi tempat wisata pantai di Bantul yang menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Pantai Depok terletak juga tidak jauh dari Pantai parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Pantai Depok selain memiliki pemandangan alam yag indah berupa pasir hitam serta deburan ombak yang keras, juga menawarkan berbagai kuliner laut yang enak. Ada banyak penjual makanan laut disana mulai undur-undur laut, udang, lobster, ikan hiu, cakalang, dll. Jika anda beruntung anda dapat langsung membeli ikan segar dari para nelayan yang baru saja melaut. Biasanya kalau waktu pagi para nelayan datang dari melaut. Ikan yang anda beli dapat anda bawa pulang sebagai oleh-oleh atau juga dapat anda bawa di beberapa warug makan yang ada di Pantai Depok untuk dimasakkan sesuai selera. Namun jika anda tidak berkesempatan membeli ikan dari nelayan, anda juga dapat langsung memesan makanan ikan yang sudah tersedia di warung-warung tersebut.

4. Pantai Goa Cemara

Wisata Pantai Goa Cemara di Bantul Yogyakarta

Jika kalian sudah pernah berkunjung ke wisata pantai di Bantul yang mainstreem seperti Parangtritis, anda dapat mencoba wisata pantai di bantul yang bisa dibilang baru. Pantai ini bernama Pantai Goa Cemara. Dinamakan demikian karena di lokasi Pantai ini terdapat lahan yang luas yang ditumbuhi banyak Pohon cemara. Pohon cemara ini membentuk sebuah lorong yang menyerupai goa. Daya tarik lain selain pohon cemara yang rindang adalah di Pantai Goa Cemara ini juga terdapat sebuah mercusuar. Menara ini boleh dinaiki oleh pengunjung dan hanya dikenai biaya 5000 rupiah untuk 2 orang. Dari atas menara mercusuar anda dapat melihat pemandangan pantai dari atas yang tentunya sangat indah dan sangat bagus untuk berfoto ria. Oh ya, lokasi dari Pantai Goa Cemara adalah di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Pantai Samas

Wisata Pantai Samas di Bantul Yogyakarta

Pantai Samas merupakan salah satu pantai di Bantul Yogyakarta yang menjadi favorit wisatawan baik dari Yogyakarta maupun wilayah sekitarnya. Wisata ini sudah dikembangkan jauh-jauh hari. Bisa dikatakan pamor dari Pantai Samas ini sudha berkurang karena banyak wisata pantai lain yan dikembangkan di wilayah Yogyakarta, seperti Pantai Depok, Pantai Goa Cemara, Pantai Pok Tunggal, Pantai Drini dll. Namun sebenarnya Pantai Samas ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki pantai lainnya. Daya tarik Pantai Samas adalah adanya Laguna atau danau air asin yang terdapat di perairan dekat pantai. Laguna di Pantai Samas ini sering disebut dengan Pesona Pengklik. Jika anda berminat, Lokasi Pantai Samas adalah di Desa Srigading, Sanden, Srigading, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Pantai Kuwaru

Wisata Pantai Kuwaru di Bantul Yogyakarta

Satu lagi wisata pantai baru di Bantul yaitu Pantai Kuwaru. Pantai Kuwaru terdapat di Desa Poncosari, Srandakan, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki daya tarik berupa rimbunnya pohon cemara yang ditanam dinas terkait beberapa tahun yang lalu. Penanaman Pohon cemara ini bertujuan untuk menanggulangi abrasi yang sering terjadi di bibir pantai. Memang ombak di pantai Kuwaru ini terbilang keras. Sehingga apabila dibiarkan akan menggerus pasir pantai yag aa di sana. namun ternyata hal itu membuat pemandangan Pantai Kuwaru semakin cantik sehingga mendorong warga dan pemerintah daerah mengembangkannya menjadi obyek wisata di Bantul. Selain pemandangannya yang indah, pengunjung juga disuguhi dengan nikmatnya kuliner laut yang tersedia di beberapa warung makan disana.

7. Mercusuar Pantai Pandansari

Wisata Mercusuar Pantai Pandansari di Bantul Yogyakarta

Bagi warga yang tinggal di sekitar pantai, keberadaan mercusuar adalah hal yang biasa bagi mereka. Namun bagi orang yang jauh dari pantai, pasti akan sangat tertarik untuk melihat mercusuar, serta mempelajari lebih lanjut bagaimana cara kerja dan fungsinya. Hal itulah yang menjadi dayatarik dari Pantai Pandansari. Pantai Pandansari terletak satu deretan dengan Pantai Samas dan Pantai Kuwaru di Bantul. Dari segi pemandangan laut, Pantai Pandansari memang tidak seindah pemandangan laut di Pantai parangtritis, pantai Samas, dll. Namun Daya tarik pantai Pandansari adalah keberadaan mercusuar yang aa di salah satu bagian pantai ini. Mercusuar Pandansari ini sangat bagus dijadikan sebagai lokasi foto. karena dari atas sini anda dapat melihat pemandanagn laut dari atas dengan view yang berbeda. Jika anda berminat ke Pantai Pandansari, anda dapat datang ke Gadingsari, Sanden, Gadingsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang

Tempat wisata di Bantul tidak hanya berkutat di daerah pantai saja. Namun ada banyak tempat wisata selain pantai di Bantul. Salah satu wisata bantul selain pantai yang dapat anda kunjungi waktu liburan bersama keluarga adalah Pemandian air panas Parang Wedang. Pemandian ini berada di tepi jalan Parangtritis. Disini anda dapat menikmati sensasi mandi dengan air panas yang muncul secara alami. Lokasi dari Pemandian air Panas adalah di Parang Wedang, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Kids Fun

Wisata Keluarga Kids Fun di Yogyakarta

Nah, kalau mau menikmati wahana permainan yang mengasyikkan untuk keluarga, anda dapat datang ke Kids Fun Yogyakarta yang terdapat di Kids Fun Parcs, Jl. Wonosari, Tegaltirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kids Fun merupakan tempat wisata keluarga di Bantul yang menyediakan berbagai wahana permainan yang sangat cocok untuk putra-putri kita. Disana ada banyak sekali wahana permainan, pertunjukan dan juga atraksi yang menarik. Wahana permainan di Kids Fun Yogyakarta misalnya Motor harley, Jet Rider, Mini Wheel, Wall Climbing, Gokart, Jurassic Park, Aqua Splash dll. Bahkan saat ini sudah dibuka wahana baru yang lebih keren yaitu Zyclon Coaster.

10. Balong Waterpark

Wisata Balong Waterpark di Bantul Yogyakarta

Balong Waterpark memang tidak semegah Kids Fun Yogyakarta, namun wisata air di Bantul ini juga sangat menarik untuk dikunjungi terutama pada musim liburan. Balong Waterpark menyediakan kolam renang dan beberapa wahana air seperti water coaster dll. Lokasi dari Balong Waterpark ini adalah di Jl. Pleret KM. 1,5, Banguntapan, Potorono, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. tempat wisata di bantul ini layak untuk dikunjungi karena selain mengasyikkan, harga tiket masuknya pun tergolong murah. harga tiket masuk di Balong Waterpark ini adalah 15 ribu di hari Senin sampau Sabtu dan 20 ribu pada hari Minggu dan hari libur.

11. Taman Wisata Tirta Tamansari

Taman Wisata Tirta Tamansari di Bantul Yogyakarta

Mau mencari tempat wsiata murah di Bantul ? Taman Wisata Tirta Tamansari adalah salah satunya. Taman Wisata Tirta Tamansari  merupakan sebuah lokasi wisata yang murah dan sangat disukai oleh anak-anak. Daya tarik utama dari Taman Wisata Tirta Tamansari  adalah kolam renang. Disana putra-putri anda dapat berenag dan bermain dengan permainan yang terdapat didalamnya seperti perosotan. Kedalaman kolam renangnya juga beragam, dari mulai 50 cm sampai 1,2 m, jadi dapat digunakan berenang bagi anak-anak maupun dewasa. Selain kolam renang, Taman Wisata Tirta Tamansari juga menawarkan fasilitas lain seperti arena Outbond, Panggung hiburan, Tempat bersantai, kolam bebek air, kafetaria  dll. Lokasi Taman Wisata Tirta Tamansari adalah di jalan niten, trirenggo, Bantul, Jogja.

12. Goa Selarong

Wisata Religi Goa Selarong di Bantul Yogyakarta

Goa Selarong merupakan salah satu wisata religi dan wisata sejarah di Bantul Yogyakarta. Goa Selarong berkaitan erat dengan perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda. Goa ini digunakan beliau saat nenepi atau menyendiri serta juga digunakan dalam menghimpun kekuatan dari warga pribumi untuk melakukan perlawanan melaan penjajah. Jadi jika anda mencari spot menarik untuk berfoto, anda pasti akan kecewa. Namun anda perlu meluangkan waktu sesekali ke Goa Selarong ini karena kita dapat belajar sejarah serta mempelajari bagaimana perjuangan para pahlawan.

13. Goa Cerme

Wisata Alam Goa Cerme di Bantul Yogyakarta

Tempat wisata di Bantul selanjutnya adalah Goa Cerme. Goa Cerme memiliki pemandangan yang indah berupa stalagtid dan stalagmit serta air bawah tanah dengan air yang sangat jernih. Selain pemandangannya yang indah Goa Cerme juga dipercaya sebagai tempat berkumpulnya walisongo dalam membahas dakwah agama Islam di Jawa dan juga pendirian Masjid Demak. Suasana Goa Cerme memang sangat sejuk dan sunyi sehingga sangat cocok untuk menyepi. Lokasi Goa Cerme sendiri adalah di Jl. Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Bukit Watu Lumbung

Pemandangan di Bukit Watu Lumbung Bantul Yogyakarta

Bukit Watu Lumbung merupakan sebuah bukit yang berada sekitar 4 km dari Pantai Parangtritis. Dari Bukit Watu lumbung anda dapat melihat Pantai Parangtritis dari kejauhan. Bukit ini banyak ditumbuhi Pohon Jati, karena memang pohon itulah yang bisa tumbuh di daerah perbukitan kapur di wilayah itu. Melihat hal itu muncul lah sebuah ide dari Muhammad Boy Rifai yang ingin memberdayakan masyarakat Bukit Watu Lumbung yaitu dengan membuat Kampung Edukasi Watu Lumbung. Di Kampung Edukasi Watu Lumbung ini pengunjung ditanamkan nilai-nilai edukatif seperti pentingnya menanam pohon, pentingnya membaca, serta aktivitas membantu memasak di dapur yang mengasyikkan. Di Kampung Edukasi Watu Lumbung terdapat sebuah perpustakaan yang buku didalamnya merupakan hasil sumbangan dari pengunjung. Bagi pengunjung yang menyumbangkan 3 buah buku layak baca maka akan mendapatkan reward berupa makanan dan minuman gratis. Menarik bukan ? Langsung saja ya datang ke kampung Edukasi Watu Lumbung Jalan Panglima Sudirman, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Hutan Pinus Mangunan

Hasil Foto di Hutan Pinus Mangunan Bantul Yogyakarta

Trend yang saat ini sedang terjadi di kalangan anak muda masa kini yaitu berfoto ke tempat yang indah dan eksotis kemudian diupload di jejaring media sosial seperti Facebook, Path dan juga Instagram. Nah, salah satu spot yang kemudian banyak dikunjungi para muda-mudi Yogyakarta yang ingin berburu foto yang eksotis yaitu Hutan  Pinus Mangunan Imogiri. Di wisata bantul baru ini anda dapat menemukan sebuah tempat yang dipenuhi tumbuhan Pinus yang berdiri tegak berderet sehingga menimbulkan kesan yang sejuk dan indah. Tak hanya didatangi para kawula muda yang ingin berfoto ria, Hutan Pinus Mangunan juga sering dijaikan sebagai tempat Pre Wedding bagi pasangan Calon Pengantin yanga da di Yogyakarta dan sekitarnya. Alamat wisata hutan pinus imogiri di Yogyakarta ini sendiri adalah di Mangunan, Dlingo, Bantul, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

16. Kebun Buah Mangunan

Spot Wisata Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta

Tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan Gantul Yogyakarta terdapat tempat wisata lainnya yang tak kalah menariknya, yaitu Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Wisata taman buah bantul ini selain lokasinya yang menarik yaitu di atas perbukitan dekat Parangtritis juga menawarkan wisata edukasi yang patut dicoba. Kebun Buah Mengunan dikelola oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bantul dan berdiri diatas laha seluas 23,341 hetar. Di wisata bantul mangunan ini ada ribuan pohon buah seperti Pohon durian, jambu air, pohon jeruk, mangga, dan juga ada peternakan sapi. Di tempat ini pengunjung dapat mengenal aneka jenis pohon buah dan juga dapat melohat proses pembibitan sapi. Fasilits yang ada di Kebun buah Mangunan juga sangat lengkap dari mulai Area outbond, flying fo, jembatan goyang, bumi perkemahan, penginapan, kolam renang anak, lahan pembibitan tanaman, dll.

17. Puncak Becici

Pemandangan Senja di Puncak Becici Bantul

Masih dari Kecamatan Dlingo kabupaten Bantul yang merupakan salah satu kecamatan di Bantul yang berada di ketinggian, di daerah ini banyak sekali tempat-tempat wisata yang menawarkan spot menarik untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Salah satu Spot wisata di Kecamatan Dlingo Bantul adalah Puncak Becici. Di Puncak Becici terdapat hutan pinus yang getahnya disadap untuk dijadikan bahan membuat gondorukem dan terpentin. Dari Bukit Becici ini pengunjung dapat melihat hamparan persawahan dari atas dan juga kalau pada cuaca cerah dapat melihat indahnya Gunung Merapi dari kejauhan. Tempat wisata Puncak Becici yang juga tempat wisata di bantul terbaru ini juga sudah dikembangkan oleh warga sekitar untuk membuat beberapa fasilitas seperti bangku-bangku sederhana, dan juga rumah pohon seperti yang terdapat di Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta.

18. Jembatan Gantung Siluk

Jembatan Gantung Siluk Yang Sedang Ngehits di Yogya

Jembatan Siluk ini memang bukanlah destinasi wisata unggulan Kabupaten Bantul. Jembatan SIluk merupakan jembatan biasa yang menghubungkan antara Desa Selopamiro dan juga Desa Sriharjo. Warga sekitar juga mengenal jembatan ini dengan Jembatan Selopamioro. Jembatan ini melintas diatas Sungai Oya.  Namun jika anda berada di Yogyakarta nampaknya harus sesekali berkunjung ke Jembatan ini. Jembatan yang dibangun sudah sejak lama dengan desain aman dulu merupakan keunggulan dari jembatan Siluk ini. Spot wisata ini sangat cocok bagi anda penggemar fotografi. Dari tempat ini anda dapat mengeksplore dari berbagai macam sudut pandang. Saat ini Jembatan Siluk sudah dirintis untuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang lebih serius karena sudah ada wisata air berupa river tubing seperti yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul. Saat ini Jembatan Siluk merupakan salah satu wisata bantul kekinian yang banyak dikunjungi masyarakat.

19. Makam Imogiri Yogyakarta

Wisata Ziarah ke Makam Imogiri Yogyakarta

Selain wisata alam dan juga wisata keluarga, Kabupaten bantul juga memiliki potensi wisata religi yaitu salah satunya Makam Imogiri. Makam Imogiri merupakan makam raja-raja Kasultanan Mataram. Makam Imogiri dibangun pada tahun 1632 oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo. Makam Imogiri banyak dikunjungi oleh pengunjung terutama yang ingin berziarah ke makam Para Raja di Kasultanan Mataram. Selain makam, di lokasi tempat wisata imogiri bantul ini banyak terdapat peninggalan Sultan Agung misalnya Air Suci dari Empat Tempayan, Cincin kayu terbuat dari tongkat Sultan Agung dan juga Daun tujuh Makam.

20. Museum Wayang Kekayon

Wisata Edukasi Museum Wayang Kekayon Yogyakarta

Tempat wisata Sleman terakhir yang akan kita bahas adalah Museum Wayang Kekayon. Museum yang berada di Jalan Raya Yogyakarta-Wonosari km 7 ini berbeda dengan Museum Wayang yang ada di Jakarta. Museum Wayang Kekayon di Bantul Yogyakarta ini menyimpan berbaga jenis wayang seperti Wayang Purwa, Wayang Madya, Wayang Thengul, Wayang Klithik, Wayang Beber, Wayang Suluh, Wayang Gedhok. Museum wayang kekayon dibangun pada tahun 197 atas prakarsa Prof. Soejono. Saat ini Museum Wayang Kekayon memiliki koleksi sekitar 5465 buah wayang dari berbagai jenis. Museum Wayang Kekayon ini cocok untuk wisata edukasi keluarga anda yang ingin mengenal lebih jauh kebudayaan di Jawa terutama wayang.

Baca Juga :

12 Tempat Wisata di Jogja Paling Banyak diminati Wisatawan

14 Tempat Wisata di Gunung Kidul Paling Menarik

Demikian tadi adalah 20 Tempat Wisata Bantul Untuk Kamu Yang Pingin Liburan. Aneka wisata di Kabupaten Bantulmemang sangat beragam, dari mulai wisata alam, wisata budaya, wisata keluarga sampai wisata religi. Semoga dengan informasi tempat wsiata di Bantul diatas dapat menambah informasi bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga.

Artikel ini berhubungan dengan :

wisata di bantul,pemandangan paling indah di jogja,prewed di mercusuar,tempat wisata air tirta tamansari,tempat wisata bantul yogyakarta,tempat wisata paling bagus di bantul
loading...