Pantai Baru, Wisata Pantai Kincir Angin di Jogja

loading...

Wisata Yogyakarta – Pantai Baru. Rasanya tidak ada habis-habisnya jika berbicara soal pantai yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada sebuah pantai lagi untuk kita jelajahi dan memuaskan jiwa tamasya kita. Namanya Pantai Baru, sesuai namanya pantai baru ini memang baru dan terus dikembangkan untuk menjadi sebuah obyek wisata baru di Yogyakarta. Ada yang tidak biasa pada obyek wisata Pantai Baru karena pantai ini awalnya tidak memiliki kaitan dengan wisata sama sekali. Sebenarnya pantai ini digunakan untuk nelayan jalur masuk dan keluar laut. Pada saat itu ada sebuah kendala, yaitu ikan nelayan tidak bertahan lama. Muncullah inisiatif untuk menggunakan es sebagai pengawet ikan, namun jangankan es listrik pun tidak ada disana. Masyarakat kemudian meminta bantuan pemerintah agar diberikan tempat produksi es batu.

Rupanya permintaan itu direspon baik oleh pemerintah. Menentrian riset dan teknologi kemudian membangun sebuah pembangkit listrik alternatif melalui kincir angin dan solar cell. Kompleks pantai baru kemudian menjelma menjadi sebuah kawasan pengembangan listrik alternatif terbesar di Indonesia, memanfaatkan tenaga angin dan tenaga surya.

Pantai Baru, Pantai Berteknologi Wisata Edukasi

Masyarakat yang datang tidak hanya untuk melihat pemandangan pantai baru, tetapi juga untuk melihat pemanfaat tenaga alternatif sebagai pembangkit listrik. Saat berkeliling sempatkan untuk berjalan-jalan diantara tiang-tiang kincir angin yang ada di sisi timur bangunan induk penyimpan listrik, rasanya berbeda dengan mengunjungi pantai biasa.

Mengunjungi pantai ini bolehlah menjadi wisata teknologi, selain mendapat hiburan menikmati pemandangan kita juga mendapat beberapa contoh nyata tentang pemanfaatan energi alternatif sebagai pembangkit listrik. Sudahkah anda mengunjunginya?

Transportasi ke Pantai Baru

Terdapat transportasi umum namun tidak direkomendasikan. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Parkir tersedia sangat luas, dan dengan kendaraan pribadi Anda juga bsangat memungkinkan untuk mengeksplorasi pantai-pantai di sekitar kawasan ini.

Lokasi Pantai Baru

Pantai Baru adalah pantai yang berada di sebelah barat Pantai Kwaru dan di sebelah timur Pantai Pandansimo. Tepatnya di Desa Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul. Jika anda dari kota Bantul maka ke arah barat menyusuri jalur lintas selatan hingga tepat sebelum jembatan Srandakan yang ada di atas Kali Progo, kemudian belok ke kiri. Hanya ada satu jalur sehingga Anda tidak akan tersesat. Sampai bertemu dengan pertigaan, dengan papan petunjuk disitu. Belok ke kanan, Anda akan masuk ke Pantai Baru atau bisa juga ke Pantai Pandansimo yang berada di sebelah barat Pantai Baru ini. Selamat berpetualang.

Artikel ini berhubungan dengan :

yhs-ddc_bd,kincir angin di jogja,tempat wisata kincir angin di jogja,tempat wisata kincir,pantai jogja yang ada kincir angin,pantai gunungkidul atau daerah jogja yg ada kincir anginnya,Kincir yog,Kincir jogja,kincir di jogja,jogja yg ada kincirnya
loading...