Tantangan Panjat Tebing di Pantai Siung

Wisata-YogyakartaPanjat Tebing di Pantai Siung. Sahabat wisata, panjat tebing sangat identik dengan tebing yang tinggi dan tebing yang tinggi tersebut sangat identik dengan pantai Siung, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta, maka anda bisa mencapai pantai siung dengan motor atau mobil pribadi dengan menempuh jarak sekitar 70 Kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan, jarang sekali angkutan umum yang berasal dari Wonosari yang mengantarkan ke pantai ini. Perjalanan ke Pantai Siung memang sedikit terjal, banyak tantangan yang menanti perjalanan anda menuju pantai siung.

Memang susah payah untuk mencapai pantai ini, tapi setelah sampai semua kelelahan tersebut akan terbayar dengan indahnya pantai siung yang mengucapkan selamat datang melelui deburan ombaknya. Seperti peribahasa bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, inilah keindahan Pantai Siung yang memukau. Birunya lautan dan putihnya pasir menyapa para pengunjungnya.

Panjat Tebing di Pantai Siung

Pesona batu karang di pantai siung memang sangat indah, goresan keindahan yang maha kuasa memang sungguh luar biasa hebatnya. Inilah yang menjadikan nama pantai ini pantai siung, arti kata siung adalah taring. Karena batu karang yang menyerupai siung (taring) kera, hingga kini pun batu karang yang menyerupai taring kera itu masih bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung.

Terdapat 250 jalur pemanjatan di pantai siung ini yang bisa dimanfaatkan, banyak juga yang telah memanfaatkannya terutama mahasiswa pecinta alam yang gemar panjat tebing. Di pantai Siung juga ada ground camp yang sangat mendukung aktivitas panjat tebing, di ground camp ini wisatawan bisa mendirikan tenda dan juga menyalakan api unggun. Tapi awas, jangan sampai merusak lingkungan sekitar dan mengganggu habitat penyu. Selain ground camp juga ada basecamp yang berbentuk rumah panggung yang dapat menampung sekitar 15 orang. Keberadaan rumah panggung ini menambah fasilitas yang dapat membuat anda semakin nyaman menikmati keindahan panorama pantai. Cukup dengan beberapa rupiah saja anda dapat bermalam di rumah panggung atau basecamp ini.

panjat tebing di pantai siung

Pantai siung ternyata juga pernah dipakai untuk perlombaan panjat tebing, di tahun 90-an disini pernah berlangsung Asian Climbing Gathering. Bahkan dahulu juga pernah ada rombongan wisatawan pecinta alam dari Jepang yang memanfaatkan tebing-tebing dipantai siung untuk menjadi arena panjat tebing.

Panjat tebing memang sangat menyenangkan, bahkan popularitas pantai siung menanjak seiring dengan popularitas olahraga panjat tebing. Olahraga yang menantang ini terasa lebih mendebarkan di pantai siung, deburan ombak pun bersorak menyemangati para pemanjat tebing.

Nah, itulah tadi sepercik keindahan yang ditawarkan oleh pantai siung. Kini anda tidak usah bingung lagi untuk mencari tempat untuk panjat tebing. Bila anda tidak berminat untuk memanjat tebing, anda bisa bersantai-santai ditepi pantai bersama keluarga. Kapan anda akan mengunjungi pantai siung, anda bisa mengagendakan bersama keluarga.


Join penulis di Google+, Join Sofyan di Google+

Kata Kunci :

panjat tebing, panjat tebing di jogja,

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top