Jogja Akan Bangun “Jogja Science Park” (Taman Pintar Kedua)

Yogyakarta memang dikenal sebagai kota pelajar, kota budaya dan juga kota wisata. Tiga hal yang dipadukan menjadi satu. Dalam hal pariwisata, Yogyakarta mempunyai banyak sekali obyek wisata. Dalam hal budaya, Yogyakarta masih memegang erat budaya. Sementara dalam hal edukasi (pendidikan) maka Yogyakarta juga menjadi primadona dengan segenap sekolahan berprestasi dan universitas terkemuka se Indonesia.

Untuk mendorong dalam hal ketiganya, maka pemerintah kota Yogyakarta mewacanakan pembangunan sebuah “science park” untuk memperkuat predikat yang telah dipegang kota ini, yaitu kota pelajar. Sehingga dengan itu, suasana belajar di kota ini akan menjadi semakin kental.

Jogja Science ParkSumber Gambar : Jogja.co (edited)

Jogja Science Park, Taman Pintar Kedua

Wacana pembangunan Jogja science park ini ditegaskan oleh walikota Yogyakarta. “Sudah ada wacana seperti itu dan dalam waktu dekat akan dilanjutkan dengan kajian legal formalnya,” kata Walikota Jogja, Haryadi Suyuti, Minggu (23/8/2015).

Untuk masalah lokasi, maka lokasi yang direncanakan oleh Pemerintah Kota Jogja untuk pembangunan “science park” adalah bagian selatan kota, sisi utara Pasar Ikan Higienis. Science Park ini pun direncanakan akan selaras dengan taman lalu lintas giwangan serta sangat mendukung keberadaan taman pintar atau juga dapat kita sebut sebagai taman pintar kedua.

Selain itu, science park juga diharapkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta bagian selatan. Patut kita tunggu seperti apa “Jogja Science Park” ini nantinya, seperti apa desain interior dan eksteriornya. Apakah bangunannya akan unik juga seperti taman pintar?