Wisata Yogyakarta Wisata Yogyakarta
Menu
Search
Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar merupakan taman rekreasi edukasi yang sangat jarang ada di kota lain selain Kota Yogyakarta. Berada di jantung kota Yogyakarta tempat ini sangat sering dikunjungi wisatawan dewasa maupun anak-anak, masih dikawasan nol kilometer tepatnya disebelah timur perempatan nol kilometer. Jika anda dari Malioboro, anda tinggal jalan keselatan sampai perempatan kemudian ketimur, tidak jauh taman pintar ada di kiri jalan.

Di Taman Pintar tersedia wahana bermain anak dan juga wahana IPTEK, jadi jelas Taman Pintar tidak hanya untuk bermain-main saja tapi juga sebagai sarana untuk mempelajari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Anda dapat mempelajari berbagai ilmu fisika dan juga berbagai teknologi disini. Didalam Taman Pintar ada beberapa Zona, Yaitu :

1. Zona Playground

Saat anda masuk ke Taman Pintar anda akan disuguhi Zona Playground Arena. Jalan masuk dari pintu gerbang terpecah menjadi 2 oleh sebuah koridor yang terdiri atas 3 tiang berbentuk segitiga. Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan “Gong perdamaian Nusantara (sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa)”. Di sekeliling gong tersebut terdapat  logo dari semua propinsi dan kabupaten yang ada di seluruh Indonesia. Di zona ini ada wahana kolam air mancur, desaku permai, parabola berbisik, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan bermain  Pasir.

taman pintar yogyakarta

2. Gedung PAUD

Bagi anda pengunjung yang mempunyai balita atau anak usia dini, di Taman Pintar ada tempat khusus bermain bagi anak  Usia dini. Tempat ini memang di desain untuk anak balita. Dan banyak dari pengunjung , Khususnya para orangtua yang memanfaatkan tempat ini untuk memberi hiburan sekaligus menyuapi putra putri mereka disaat bermain.

3. Gedung Memorabilita

Gedung Memorabilia terdapat di sebelah barat Area Taman Pintar. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat  miniatur bangunan keraton Yogyakarta secara detail dan menyeluruh, ada pula foto raja-raja dari Keraton Yogyakarta, mulai dari Hamengkubuwono I sampai dengan raja yang sekarang bertahta, Yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X. Anda pun juga dapat melihat miniatur Yogyakarta secara menyeluruh.

4. Gedung Kotak dan Oval

Perlu anda ketahui semua wahana diatas hanyalah wahana sambutan atau halaman taman. Dan wahana yang sebenarnya adalah di gedung oval dan kotak. Ketika anda masuk anda akan langsung melewati lorong bawah air, mirip Sea World. Didalam Gedung Kotak dan Oval anda bisa mencoba wahana ilmu pengetahuan dan teknologi apa saja. Disana juga ada petugas yang selalu siap menyapa pengunjung dengan ramah, jika anda ingin bertanya petugas selalu siap melayani.

Di sini ada beragam wahana, salah satunya adalah wahana simulasi gempa. Wahana ini sangat menarik untuk dicoba. Anda bisa bergoyang-goyang bersama wahana ini. Bioskop IPTEK 3 dimensi pun tersedia digedung ini.

Dipintu keluar kita disambut oleh toko buku shopping center yang sangat terkenal di Yogyakarta. Jika anda mau berwisata ke Taman Pintar, jangan lupa ajak juga anak anda ataupun adik kecil. Wahana-wahana yang ada ditempat ini sangat mendidik.


Join penulis di Google+, Join Sofyan di Google+

Kata Kunci :

artikel taman pintar yogyakarta, gedung memorabilia, artikel karya tulis taman pintar, wahana di taman pintar yogjakarta, taman pintar yogyakarta, taman pintar yogya, taman iptek jogjakarta, SEJARAH TAMAN PINTAR di jogja, makalah objek taman pintar, karya tulis lokasi taman pintar, iptek jogja, Fto gerbang msuk taman pintar, contoh makalah taman pintar, artikel singkat taman pintar yogyakarta, wisata taman pintar yogyakarta,

arrowNo Responses Yet

  1. Mellyanda Widyasari
    1 mo ago

    taman pintar itu istimewa

Leave A Comment