Tempat Wisata Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Tempat Wisata Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Wisata Yogyakarta – Benteng Vredeburg adalah salah satu tempat wisata yang kaya akan sejarah. Saat Anda mengunjungi tempat ini, maka Anda akan bisa merasakan bagaimana suasana zaman dahulu. Berbagai koleksinya memberikan kita informasi penting mengenai sejarah bangunan yang berdiri di jaman penjajahan Belanda ini. Wisata sejarah di Yogyakarta ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama yang ingin belajar sejarah tentang keberadaan Benteng Vredeburg ini.

Sejarah Benteng Vredeburg Yogyakarta

Berdirinya benteng ini berkaitan erat dengan lahirnya Kasultanan Yogyakarta. Pembangunan benteng ini didasarkan pada usul pihak Belanda. Sultan pun mengizinkan pembangunan benteng ini. Awalnya, bangunan hanya berbentuk benteng seperti bujur sangkar. Keadaan yang sangat sederhana kemudian diubah menjadi lebih sempurna. Sebelumnya, status tanah ini menjadi milik kasultanan tapi kemudian dihibahkan pada Belanda (VOC). Pada tahun 1867, terjadi gempa yang dahsyat sehingga banyak bangunan besar yang roboh seperti Gedung Residen. Kemudian benteng yang semula bernama Benteng Rustenburg berganti nama menjadi Vredeburg. Inilah singkatnya sejarah Benteng Vredeburg yang akan mengajarkan kepada kita betapa Yogyakarta kaya akan sejarah.

Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg Yogyakarta

Alamat dan Jalan Menuju Benteng Vredeburg Yogyakarta

Tempat wisata ini tidak jauh dari pusat kota sehingga bisa dijangkau dengan mudah. Anda dapat mendatanginya di sekitar jalan Malioboro Kota Jogja atau lebih tepatnya Jalan Jend. A. Yani No. 6 Jogjakarta. Untuk bisa sampai di tempat itu, maka gunakanlah trans Jogja di jalur 1A, 2A, 3A dan turun di halte Malioboro 2. Setelah itu, Anda bisa jalan kaki sekitar 100 meter atau menggunakan taksi, becak, maupun kendaraan pribadi.

Jam buka Benteng Vredeburg Yogyakarta

Anda bisa datang pada hari Selasa hingga Jumat pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, pada hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 sampai 17.00 WIB, sedangkan hari senin dan hari libur nasional tutup.
Harga Tiket Masuk Benteng Vredeburg Yogyakarta
Sebelum Anda masuk ke dalam gedung, belilah terlebih dahulu tiket yang berada di depan area. Setelah memasuki gerbang, Anda akan menemui loket penjualan tiket. Untuk bisa memasuki wilayah ini, Anda tidak perlu membayar dengan uang mahal karena cukup dengan uang Rp 2.000 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Fasilitas Benteng Vredeburg Yogyakarta

Pemandu

Meskipun Anda bisa mengelilingi gedung ini dengan petunjuk dan peta yang sudah ada, tapi akan lebih maksimal jika Anda menggunakan jasa pemandu. Melalui jasa ini, Anda juga bisa belajar mengenai sejarah gedung dan pemandu akan menjelaskan berbagai penjelasan mengenai koleksi atau ruangan di dalamnya.

Perpustakaan

Gedung ini memiliki perpustakaan yang bisa digunakan untuk mendapatkan ilmu. Banyak buku yang tersimpan di dalamnya yang akan memberikan kita berbagai informasi sejarah.

Ruang pertunjukan

Ruang pertunjukan juga menjadi fasilitas di dalam gedung.

Ruang diskusi, seminar, pertemuan dan pelatihan

Seperti halnya gedung zaman dulu, dulunya gedung ini digunakan sebagai kantor sehingga pastinya memiliki ruang diskusi, pelatihan, pertemuan ataupun seminar.

Audio visual dan ruang belajar kelompok
Ruangan ini bisa memperlihatkan bahwa dahulu gedung ini memiliki fungsi yang cukup vital di dalam perkembangan pemerintaan di zaman dulu.

Museum Benteng Vredeburg
Benteng ini memiliki berbagai koleksi seperti patung, pakaian dan lain sebagainya yang berkaitan dengan zaman dulu. Selain itu, ada penjelasan di bagian bawah benda sehingga Anda bisa mempelajarinya.

Ruang tamu
Ruang tamu ini digunakan juga sebagai ruangan bagi Anda yang memiliki kepentingan dengan pengurus gedung mengenai tempat wisata ini.

Kamar mandi
Seperti halnya tempat umum lainnya, gedung ini juga memiliki beberapa kamar mandi yang bisa digunakan saat Anda ingin buang air.

Mushola
Tempat ibadah juga disediakan bagi Anda yang ingin mendirikan shalat sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai tempat ibadah.

Baca Juga :
Daftar Hotel di Yogyakarta Yang Dekat Dengan Malioboro
12 Tempat Wisata Yogyakarta Paling Ramai Dikunjungi

Demikian ulasan tentang tempat wisata Benteng Vredeburg Yogyakarta mulai dari sejarah bangunannya beserta dengan berbagai macam fasilitas yang bisa Anda nikmati di sana. Kunjungi satu per satu nilai sejarah yang ada untuk mendapatkan berbagai macam info sejarah yang menarik dan penting.

Artikel ini berhubungan dengan :

benteng vredeburg jogja buka jam,jam buka benteng vredeburg,tempat wisata benteng VREDEBURG