Wisata Malam : Alun-Alun Kidul (Alkid)

Sahabat Wisata, Alun-Alun Kidul atau disingkat Alkid merupakan tanah lapang terletak didalam kompleks Kraton Yogyakarta. Alkid dulunya adalah tempat untuk latihan perang para prajurit kraton, tapi sekarang sudah tidak ada prajurit yang latihan ketangkasan disana. Aklid sudah menjadi tempat nongkrong anak muda dan juga keluarga. Sebagai salah satu landmark Yogyakarta selain Tugu, Malioboro, Kraton, dan Tamansari, tentunya Alun-alun Kidul menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

alkid alun-alun kidul

Ditengah-tengah Alkid ada dua buah pohon beringin, namanya ringin kurung. Ada makna simbolis dari pohon beringin ini yaitu simbol laki-laki pada beringin sebelah barat dan simbol perempuan pada beringin sebelah timur. Entah sejak kapan bergulir sebuah mitos kalau ada orang yang berhasil berjalan menembus dua pohon beringin tersebut dengan mata tertutup, maka ia akan mendapat berkah. sekali lagi, ini hanya sebuah mitos dan saya yakin ini bukan dari kraton. Penulis sendiri juga pernah mencoba melewati dua pohon tersebut dengan mata tertutup. tapi selalu gagal, berbelok arah.

alun-alun kidul alkid

Alkid akan ramai pengunjung pada malam hari, anda bisa santai sejenak disana sembari menikmati wedang ronde sambil lesehan. Kalau anda ingin berkeliling Alkid, disana ada yang menyewakan sepeda unik berlampu. sepeda ini bisa anda naiki secara berjamaah jadi bentuknya besar dan bisa untuk empat orang.

Sebagai salah satu landmark Yogyakarta selain Tugu, Malioboro, Kraton, dan Tamansari, tentunya Alun-alun Kidul menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

 

Artikel ini berhubungan dengan :

alkid malam hari,profil tentang wisata malam alkid,wisata alkit malam hari