Menelusuri Masjid Gedhe Kauman

loading...

Wisata Yogyakarta – Siapa yang tidak kenal masjid gedhe kauman? Masjid gedhe kauman adalah salah satu ikon kota Yogyakarta. Masjid tersebut tidak bisa dipisahkan dari sejarah kraton kasultanan Yogyakarta yang pada masa itu adalah kerajaan Islam. Masjid gedhe kauman berdiri 18 tahun setelah perjanjian giyanti. Masjid ini menjadi sangat istimewa dengan usianya yang lebih dari 200 tahun, oleh karena itu masjid gedhe kauman merupakan masjid tua.

Masjid gedhe kauman terletak tidak jauh dari kraton Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di Kampung Kauman, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Gaya arsitekturnya yang khas dan bernuansa kraton menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis untuk mengunjungi masjid ini. Bagaimana dengan anda, pernah mengunjungi masjid kauman?

Masjid Gedhe Kauman

Masuk ke Masjid Gedhe Kauman

Masjid gedhe kauman dihiasi arsitektur yang terbuat dari kayu dan bernuansa kraton. Didalam masjid terdapat mimbar yang berbentuk singgasana berundak, ini sebagai tempat khotib untuk berkutbah. Mimbar tersebut pun dihiasi indahnya ukiran-ukiran lengkungan tumbuh-tumbuhan yang indah.

Diluar Masjid ada kolam, serambi dan ruang yakihun (tempat peristirahatan para ulama/khotib). Jika anda lelah berjalan kaki menyusuri kraton atau malioboro anda dapat beristirahat di masjid gedhe kauman sambil menanti waktu sholat. Masjid ini memang dekat juga dengan kawasan Malioboro.

Seperti masjid-masjid lainnya, masjid gedhe kauman juga menyediakan buka bersama setiap bulan Ramadhan. Acara takjilan buka bersama seringkali dihadiri sekitar 600 orang. Menyenangkan bukan, pengajian sekaligus dapat makanan untuk berbuka.

Bahkan setiap kamis pagi para panitia buka bersama menyembelih kambing untuk acara buka bersama. Jika anda bukan penderita darah tinggi, rasanya perlu dicoba kuliner ala masjid gedhe kauman yang satu ini.

loading...